Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Totabuan

Sejak 2009, PNS Bolmong Tak Terima Selisih Gaji

Staff Manado Today   |   22 Juni 2011 – 10:46 WITA

Totabuan Today – Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, angkat bicara terkait tidak diterimanya selisih gaji dan tunjangan beras sejak 2009 silam setelah bungkan selama dua tahun.

“Benar kami belum merasakan selisih gaji dan tunjangan beras, sejak 2009,” ujar sejumlah PNS di Bolmong, Rabu.

Alhasil jatah beras 5.076 PNS Bolmong yang setiap bulannya diterima sebanyak 10 Kg per jiwa, dan bagi yang berkeluarga setelah ditambah dengan tunjangan istri dan anak menjadi 40 Kg tidak jelas keberadaannya.

Selisih kenaikan beras per tahun-nya sekitar Rp600 hingga Rp700 per Kg, karena setiap PNS mendapatkan 10 Kg, maka rata-rata PNS menerima tunjangan sekitar Rp6.000 hingga Rp7.000 per bulan. Jika jumlah tersebut dikalikan 12 bulan dalam setahun, maka setiap PNS mendapatkan sekitar Rp72 hingga Rp84 ribu per tahun.

Jumlah tersebut jika hitung rata-rata, maka sebanyak Rp360 Juta selisih gaji PNS yang ditahan Pemkab Bolmong sejak 2009.

Data tersebut masih sederhana untuk seorang PNS, belum juga dihitung dengan yang masuk daftar gaji. Begitupun dengan selisih gaji yang sudah beberapa kali mengalami kenaikan antara 5 sampai 10 persen setiap tahun.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bolmong, Ramlah Mokodongan MSi, tidak membantahnya.

Menurutnya, untuk pembayaran tunjangan beras dan selisih gaji PNS baru akan dilakukan pemerintah daerah setelah pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2011.

“Hak PNS tersebut akan dimasukkan dalam APBD-P. Sedangkan teknis pembayarannya harus melalui permintaan dari masing-masing SKPD,” ujar Mokodongan. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading