Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sejumlah Delegasi Jepang di ARF Direx Memilih Pulang

Redaksi Manado Today   |   12 Maret 2011 – 12:36 WITA

Manado Today – Sebagian dari delegasi Jepang yang akan berpartisipasi pada Asean Regional Forum – Disaster Relief Exercise (ARF-Direx) di Manado, Sulawesi Utara pada 13-20 Maret 2011, memilih pulang ke negaranya terkait gempa bumi dan Tsunami terjadi Jumat (11/3).

“Delegasi Jepang sudah melaporkan kepada panitia ada beberapa peserta telah kembali ke Jepang, karena khawatir akan keberadaan keluarganya,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Vecky Mongilala, di Manado, Sabtu.

Delegasi Jepang hadir di Manado dalam rangka kegiatan internasional ARF Direx sebagai partisipasi bersama negara-negara Uni Eropa, Amerika Serikat dan Timur Tengah.

ARF Direx merupakan kegiatan simulasi bersama penanggulangan bencana alam internasional, seperti gempa bumi dan gelombang Tsunami, yang bakal diikuti seluruh negara ASEAN serta negara-negara partisipan tersebut.

Ada total sebanyak 27 negara sudah siap berpartisipasi di Manado dan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, dengan sebagian besar negara sebagai pengamat (“observator”).”Kami memaklumi kondisi yang ada di Jepang, sehingga wajar jika sebagian delegasi sudah kembali ke negaranya, dan masih ada yang bertahan” ujarnya.

Sementara itu, pihak panitia nasional dan lokal ARF Direx terus membuka pendaftaran peserta baik dari negara-negara asing dan dari daerah lain se-Indonesia, guna mengikuti pelaksanaan ARF Direx di Manado dan Wori.

Bentuk kegiatan ARF Direx nantinya, bagaimana upaya penanggulangan bencana ketika ada gempa bumi 7,5 skala richter yang disertai gelombang laut Tsunami.

Sesuai informasi yang diterima bahwa skenario utama latihan simulasi gempa bumi dengan skala 7.5 SR dan Tsunami di Sulut, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, kerusakan perumahan warga dan infrastruktur, serta tidak berfungsinya fasilitas publik.

Untuk elemen utama latihan, kegiatan akan difokuskan pada aktivitas koordinasi di posko penanggulangan bencana, kegiatan evakuasi dan identifikasi, distribusi logistik dan kesiapan lokasi. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading