Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Sejumlah Kementrian Hadir di Rakornas Minapolitan Perikanan Tangkap

Redaksi Manado Today   |   7 Juni 2011 – 23:50 WITA

Amurang Today – Sejumlah kementerian RI, menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) Minapolitan PerikananTangkap, yang dilaksanakan di restoran Golden Carity Pondang, Amurang, Selasa (7/6/2011).

 

Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu

Bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu

Bupati Minsel Tetty Paruntu kepada sejumlah wartawan usai acara tersebut mengatakan, Pengembangan Kawasan Minapolitan sudah memiliki legal aspek yang sangat jelas, karena sudah tercantum dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Nasional (RPJM-N dan RKP).

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beserta jajarannya, bahkan semua kementerian, Lembaga dan pihak swasta turut hadir dalam Rakor ini demi mendukung serta menindaklanjutinya kegiatan itu.

“Untuk itu saya harapkan instansi terkait serta pihak DPRD Minsel, untuk dapat berperan aktif dalam menunjang program Minapolitan,” kata Paruntu.

Selain itu, Dekab Minsel juga supaya segera menyusun rencana pengembangan minapolitan, yang disesuaikan dengan pedoman umum, presentasi, permasalahan, tantangan dan peluang yang disampaikan dalam Rakornas ini, dalam bentuk Masterplan Minapolitan, dengan berkelanjutan ke wawasan lingkungan bussines plan dan action plan sehingga sangat jelas, mulai tahun 2012 – 2016.

Pihak Dirjen serta Kementrian terkait telah meminta agar pemkab minsel segera memasukan Program pengembangan Minapolitan ini, sebab ini berbasis pada Perikanan Tangkap dan Perikanan Budidaya, dalam materi Musrembang Kabupaten, Musrembang Provinsi, dan Musrembang Nasional.

“Pokja juga supaya dapat mengakomodir kemitraan dengan pihak swasta/investor dan kelompok-kelompok nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah ikan, termasuk dalam peningkatan kapasitas sumberdaya manusia sebagai pelaku minapolitan. Bahkan, pihak perbankan wajib mendukung penuh untuk penguatan modal dan pembiayaan bagi masyarakat nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah ikan di kawasan minapolitan,” terang Paruntu.

Ia menambahkan, pihak swasta sangat berminat untuk segera merealisasikan investasinya dalam pengembangan usaha perikanan tangkap terpadu di Kawasanan Minapolitan, akan difasilitasi Kemenko Perekonomian. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading