Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sejumlah Masalah “Halangi” Peningkatan Produksi Ikan di Sulut

Tonny Sumakul   |   26 September 2012 – 17:52 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Sejumlah permasalahan yang cukup menonjol, sering “menghalangi” upaya peningkatan prosuksi ikan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd.Diungkapkannya, permasalahan-permasalahan yang dimaksud, seperti armada perikanan tangkap nasional yang masih berskala kecil, ketidakseimbangan pemanfaatan sumber daya ikan antar wilayah, belum optimalnya dukungan infrastruktur pelabuhan perikanan, kelengkapan fasilitas, rendahnya dukungan lembaga keuangan, permodalan para nelayan, dan peran hukum dalam kelembagaan organisasi perikanan yang kurang optimal.

“Ya, perlu diakui banyak masalah juga yang dihadapi dalam upaya peningkatan produksi ikan di Sulut,” ujar Kansil.

Disisi lain, dijelaskannya jika prosuksi ikan di Sulut tahun 2011 Sulut sebanyak 10.000 ton, atau lebih tinggi 500 ton dari tahun 2010 yang hanya 9500 ton.

“Untuk itu menjaga keamanan dan stabilitas laut, wajib kita lakukan supaya peningkatan produksi ikan terjadi di tahun-tahun mendatang,” tandas Kansil.

Selain itu dijelaskan Kansil, Sulut juga termasuk salah satu daerah yang ikut memberikan kontribusi terhadap kebutuhan ikan secara nasional, yang didalamnya termasuk ekspor ikan asal Sulut ke luar negeri.

“Kita akan terus jaga produksi ikan itu. Sebab, perikanan dan kelautan merupakan salah satu sektor andalan Sulut dalam peningkatan ekonomi,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading