Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Sejumlah Organisasi Lingkungan Demo di Kantor Gubernur Sulut

Tonny Sumakul   |   5 Juni 2012 – 14:33 WITA

Demo di Kantor Gubernur SulutMANADO (manadotoday.com) – Sejumlah organisasi mengatasnamakan lingkungan, melakukan aksi demo di Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia, yang diperingati setiap 5 Juni, hari ini.
Massa yang melakukan aksi demo di kantor yang dipimpin Gubernur Dr. S.H. Sarundajang itu, berasal dari WALHI Sulut, YSN MINAESA, AMMALTA, KOFFAS, LP2S, KNTI Sulut, AMAB Kalasey, serta Forum Selamatkan Pulau Bangka.

Dalam orasi yang dibawakan seorang orator, meminta agar Pemprov Sulut bersama aparat hokum, agar menutup seluruh pertambangan illegal di daerah ini. Selain itu, mereka juga meminta agar aparat membongkar serta mengusut mafia tata ruang di Sulut, juga segera menghentikan reklamasi di Teluk Manado.

“Kami juga mendesak agar Pemprov untuk bertanggungjawab atas aktifitas perusahaan tambang di Sulut. Sebab, kami sangat menolak adanya perusahaan tambang di daerah ini,” teriak seorang orator.

Aksi demo ini diwarnai dengan saling dorong antara petugas dan pendemo yang memaksa masuk ke dalam kantor gubernur, untuk bertemu dengan minimal Sekprov Sulut. Untungnya, situasi kembali normal setelah Sekprov Ir Siswa Rachmat Mokodongan, menerima aksi tersebut.

Mokodongan mengatakan, pihaknya memang telah menyepakati untuk menertibkan pertambangan liar di daerah ini. “Yang namanya PETI akan segera diatasi. Kami akan berkoordinasi dengan aparat terkait,” ungkap Mokodongan.

Sedangkan untuk raklamasi di teluk Manado, pihaknya juga telah menegaskan harus dihentikan. “Suratnya juga sudah ada dari Kementerian lingkungan hidup, terkait larangan reklamasi di teluk manado,” tandas Mokodongan.
Usai melakukan demo di kantor Gubernur, massa akhirnya bergerak untuk melanjutkan aksi yang sama di gedung DPRD Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading