Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Sejumlah Pangkalan di Bitung Jual LPG 3 Kg Diatas HET

Aldy Monareh   |   8 Agustus 2012 – 09:44 WITA
elpiji 3 kg

Sejumlah pangkalan di Bitung jual LPG 3kg diatas HET yang ditentukan

BITUNG, (manadotoday.com) – Meskipun Gubernur Sulawesi Utara sudah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) isi ulang Liquid Petroleum Gas (LPG) 3 Kg sebesar  Rp.15 Ribu, untuk Kota Bitung. Namun ternyata di sejumlah pangkalan harga LPG 3 Kg banyak yang dijual diatas HET.

Seperti halnya yang diakui oleh Rita salah satu Ibu Rumah Tangga asal Tanjung Merah Kecamatan Matuari, dimana sebelum dan sesudah ditetapkannya HET LPG 3 Kg oleh Gubernur, harga yang diberlakukan pangkalan tempat Ia melakukan pembelian LPG 3 Kg tetap sama yakni Rp.17 Ribu.

”Saat ini harga LPG 3 Kg di pangkalan masih sama sebelum ditetapkan HET oleh Gubernur yakni Rp.17 Ribu,” ujarnya.

Bukan hanya Rita IRT asal Tanjung Merah, hal yang sama juga dikatakan Meyta IRT asal Kakenturan Kecamatan Maesa, yang mengaku bahwa hingga kini Ia masih membeli LPG 3 Kg dengan harga Rp.16 Ribu hingga Rp.18 Ribu.  ”Harga LPG 3 Kg di pangkalan saat ini dijual berfariasi antara Rp16 Ribu hingga Rp 18 Ribu,” terangnya.Menyikapi hal ini Asisten II Pemkot Bitung Dra Dahlia Kaeng, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan mengumulkan seluruh agen dan pemilik pangkalan di Kota Bitung.

”Guna menindaklanjuti hal ini, kami akan panggil 3 Agen dan 98 pemilik pangkalan LPG di Kota Bitung,sekaligus mengingatkan SK gubernur tentang HET LPG 3 Kg,” tegasnya.

Padahal terkait penjualan LPG 3 Kg ini, baik agen maupun pangkalan sudah memiliki keuntungan, karena dari Pertamina ke agen di jual dengan harga Rp 11.550, sementara titik serah agen ke pangkalan Rp 12,750. Dan ini berlaku untuk semua wilayah Bitung termasuk Lembeh.

”Jadi tidak ada alasan bagi pangkalan untuk menjual diatas HET karena mereka telah memiliki keuntungan. Jika nantinya terbukti ada yang menjual diatas HET sanksinya adalah pencabutan ijin,”tandasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading