Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Tomohon

Sejumlah Perda di Tomohon Terancam Dibatalkan

Redaksi Manado Today   |   20 Maret 2011 – 11:43 WITA

Tomohon Today – Sejumlah produk peraturan daerah (Perda) di Kota Tomohon terancam dibatalkan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri. Perda yang dimaksud seperti PBHTB, Perda Usaha Panas Bumi dan Perda Organisasi Perangkat Daerah.
Ketua Komisi I yang membidangi Pemerintahan dan Hukum DPRD Tomohon Drs Paulus Sembel mengungkapkan, draft perda yang disodorkan eksekutif tidak melewati kajian matang dan komprehensif. Masalahnya yaitu ada perda tidak didahului naskah kajian akademis yg berisi pertimbangan filosofis, sosiologis, yuridis, ekonomis dan ekologis. Demikian halnya dgn perancangan bahasa normatif, kewajiban, larangan, hak dan ajuran termasuk struktur normatif dan sistimatika, semua harus masuk dlm tahap pembahasan awal.
‘’Ya, azas pembentukan Perda harus mengacu pada UU No 10/2004 ttg Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, supaya juga azas materi muatan terpenuhi,’’ katanya.
Menurut legislator PDIP Tomohon ini, tanggapan ini perlu karena kualitas DPRD dlm mnjalankan fungsi legislasi bukan dilihat dari kuantitas, tetapi kualitas perda, yakni memenuhi rasa keadilan masyarakat, memberi kepastian hukum kepada masyrakat, bermanfaat bagi masyarakat dan Perda dapat dilaksanakan dengan dukungan partisipasi msyarakat secara luas. Aspek-aspek ini akan diverifikasi oleh Kementrian Dalam Negeri, apakah setiap Perda memenuhi syarat diberlakukan atau tidak. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading