Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Sektor Pariwisata Dongkrak Perekonomian Daerah

Staff Manado Today   |   13 Mei 2011 – 09:11 WITA

Manado Today – Sektor pariwisata menjadi andalan baru pemerintah dalam mendongkrak pendapatan asli daerah. Potensi pariwisata yang dimiliki Kota Manado sangat layak untuk dikembangkan karena memiliki prospek yang menjanjikan. Bahkan sektor pariwisata sangat layak dijadikan prime mover atau penggerak utama perekonomian Kota Manado.“Harus dipahami bila pengembangan kepariwisataan di Indonesia merupakan suatu agenda nasional yang harus ditopang oleh seluruh lapisan masyarakat. Itu berarti setiap stakeholder dan segenap warga secara spontan dan terprogram harus memahami, mengapresiasi serta berpartisipasi dan peduli dalam pengembangan dunia kepariwisataan. Begitu juga dengan kita yang ada di Manado,” jelas walikota DR GS Vicky Lumentut.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Manado, Hendrik Warokka SPd DEA kepada manadotoday Jumat (13/05/2011) mengatakan, pelaksanaan sosialisasi yang melibatkan para pelaku usaha jasa di Manado itu, menekankan tentang Peraturan Menteri Budaya dan Pariwisata RI tentang tata cara pendaftaran usaha pariwisata, yang berlaku sejak tanggal 16 November 2010 lalu.

“Pelaksanaanya oleh instansi teknis yang menyelenggarakan urusan kepariwisataan dalam hal ini Disparbud Manado,” terang Warokka.

Dikatakan, pengembangan terhadap dunia pariwisata harus mendapat topangan penuh dari segenap stakeholder serta para pelaku usaha jasa pariwisata, berkaitan dengan tanda daftar usaha.

“Dalam undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan disebutkan bahwa untuk dapat menyelenggarakan usaha pariwisata, pengusaha wajib mendaftarkan usahanya terlebih dahulu kepada pemerintah daerah. Dan aturannya lebih dipertegas dalam peraturan menteri tadi,” jelas Warokka.

Lebih jauh Dia mengatakan tujuan dari peraturan ini untuk menjamin kepastian hukum dalam menjalankan usaha pariwisata, menjadikan sumber informasi bagi semua pihak yang berkepentingan mengenai hal-hal yang tercantum dalam daftar usaha pariwisata, kemudian sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dan sebagai dasar kesatuan pemahaman terhadap ketentuan-ketentuan dalam peraturan menteri tentang tata cara pendaftaran usaha pariwisata.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading