Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Sektor Perikanan Pegang Peranan Tunjang Pertumbuhan Ekonomi Mitra

Staff Manado Today   |   30 November 2011 – 10:43 WITA
Elly Sangian

Kadis Kelautan dan Perikanan Mitra Ir. Elly Sangian ME

Ratahan, MTC – Sektor perikanan memegang peranan penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di Mitra. Apalagi, untuk pesisir pantai Mitra, berada di Teluk Tomini yang sangat terkenal dengan kekayaan ikannya.
Menurut Kadis Kelautan dan Perikanan Mitra Ir Elly Sangian, suplai ikan dari Mitra untuk kebutuhan Sulut memang sangat besar. Selain itu, tangkapan dan budidaya perikanan sangat baik.
“Nyatanya, hasil dari Ikan air asin dan tawar tetap menjadi primadona untuk masyarakat. Bahkan banyak dari mereka hanya mengandalkan sektor ini untuk menjadi sumber penghasilan keluarga,” ujar Sangian.
Apalagi dengan panjang garis pantai sekitar 102 Kilometer, tak menutup kemungkinan bisa mengangkat Mitra sebagai daerah maritim yang mempunyai prospek cerah. Namun juga harus ditunjang dengan baiknya sektor pertanian dari masyarakat yang berada di kaki gunung.
“Memang untuk Perikanan dan Kelautan, tak bisa diukur berapa besar akan PAD yang masuk, tapi jika dilihat memang sektor ini adalah penunjang akan peningatan sektor ekonomi di semua daerah,” lanjutnya.
Ditambahkannya, semua kelompok binaan Dinas Kelautan dan Perikanan, berjalan dengan baik. Dan, mereka sudah banyak menunjukan kemajuan yang pesat. Dari pemantauan lapangan, kelompok ini tetap eksis melakukan kegiatan, malahan bukan hanya sektor perikana yang mereka budidayakan, namun untuk rumput laut sudah mulai mendapat tempat di hati masyarakat.
“Memang kami menganjurkan untuk daerah pesisir pantai jangan hanya, terpaku dalam bidang perikanan. Tapi harus melihat peluang yang ada. Misalnya budidaya Rumput Laut dan Kerang Mutiara,” pungkasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading