Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Seluruh Etnis di Sulut Ikrarkan Persaudaraan

Tonny Sumakul   |   10 November 2011 – 20:16 WITA

Manado, MTC – Bertempat di gedung MCC Manado, Kamis (10/11/2011), seluruh etnis di Provinsi Sulut, mengikrarkan untuk mempererat tali persaudaraan di masyarakat, guna membangun dan menuju pada masyarakat ‘Bumi Nyiur Melambai’ yang beradab, berdaya saing dan sejahtera.
Dalam kegiatan yang dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, serta pimpinan adat dari suku Minahasa, Bolaang Mongondow, Sangihe dan Talaud, ditambah etnis Makassar, Bali, Ambon, serta sejumlah etnis lainnya di Sulut, melakukan penandatanganan ikrar persaudaraan antar etnis dalam membangun Sulut.

Etnis di Sulut

Pimpinan adat di Sulut melakukan penandatanganan ikrar persaudaraan

Ikrar yang berisi empat poin penting tersebut, diantaranya menjaga keharmonisan masyarakat Sulut, mengapresiasi dan mendorong upaya pembauran dalam kerangka kerukunan Nasional, memelihara dan mengembangkan potensi kearifan lokal , serta mendukung pemerintahan di Sulut dalam mewujudkan daerah ini sebagai pintu gerbang indonesia ke kawasan asia pasifik.
Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DR. S.H. Sarundajang, dalam kegiatan itu, mengungkapkan, memang Sulut itu terbangun dari pluralisme suku agama dan ras yang beranekaragam, yang hidup dalam suasana saling menghormati, saling menghargai, hidup dalam kerukunan dan persaudaraan. Untuk itu, kerukunan yag sudah dijaga sejak dulu, untuk terus dipelihara, guna menggapai cita-cita masyarakat yang semakin maju.
“Kegiatan temu etnis ini, bertepatan dengan momentum hari pahlawan. Untuk itu, diharapkan ikrar yang sudah ditandatangani bersama tersebut, dapat membangkitkan semangat juang untuk terus berjuang menghadapi tuntutan dinamika global, dengan fenomena anti pluralitas yang mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa,” ujar Kansil.
Selain itu, kata Kansil lagi, diharapkan juga untuk seluruh etnis di Sulut, untuk terus memperkokoh semangat persatuan dan persaudaraan, terutama dalam menjaga keutuhan NKRI.
Diketahui, kegiatan yang digagas oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sulut, mengusung tema ‘dengan semangat kepahlawanan bangsa, kita pererat komitmen kebangsaan yang bertumpu pada empat pilar, yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading