Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Seluruh SKPD di Pemprov Gorontalo Miliki PPID

Tonny Sumakul   |   28 September 2011 – 23:50 WITA

Gorontalo Today – Guna memberikan pelayanan keterbukaan informasi kepada publik, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemprov Gorontalo, saat ini telah memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Menurut Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail, tugas dan fungsi PPID dalam melaksanakan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sangat penting. Sebab, mereka menjadi bagian terdepan dalam menyampaikan keterbukaan informasi, sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Adanya PPID, akan berdampak pada penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terbuka dan akuntabel,” ungkapnya.

Ia mengatakan lagi, seluruh informasi juga akan dapat dipertanggung jawabkan, dengan didukung dokumentasi yang lengkap, akurat, dan factual, sehingga harus ada pihak yang langsung bertugas dan bertanggungjawab untuk itu.

“Sebenarnya humas memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan informasi ini. Tapi, posisi humas yang berada pada struktur organisasi level menengah, membuat bagian ini tidak dapat bergerak terlalu bebas di dalam menjalankan aktifitasnya,” kata Ismail, seraya mengatakan, keberadaan humas harus didukung oleh PPID, agar publik puas dalam memperoleh informasi terkait kinerja pemerintahannya.

Ismail menambahkan, Gorontalo sejak awal tahun 2011, Komisi Informasi Daerah (KID) sebagai amanat dari UU KIP dan pada setiap SKPD telah terbentuk PPID.

Ini diatur dalam Permendagri nomor 35 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi dilingkungan kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah. Serta, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No.22/per/m.kominfo/12/2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Komunikasi dan informatika di kabupaten/kota. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading