Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Seluruh SKPD Sangihe Diwajibkan Bangun Pondok Pengomposan

Redaksi Manado Today   |   14 Maret 2012 – 21:43 WITA

Tahuna, (manadotoday.com) – Seluruh SKPD yang ada dilingkup Pemkab Sangihe, diwajibkan membangun pondok pengomposan di halaman kantor masing-masing. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman cara membuang sampah secara terpilah, dimana sampah organik bisa dibuang dalam bak pengomposan untuk nantinya menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah non organik berupa sampah plastik bisa dibuang ke TPA.
Hal tersebut dikemukakan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sangihe, Sofie Tamburian SH melalui Kabid Perencanaan Lingkungan, Ir Porkius Parerah MBA kepada manadotoday Rabu (14/3/2012).
Menurut Parerah, kewajiban semua SKPD membangun pondok pengomposan di halam kantor masing-masing itu merupakan perintah Bupati dibawa koordinasi BLH.
“Kedepan, program pembangunan pondok kompos seperti ini, akan diberlakukan juga ke seluruh sekolah-sekolah bahkan ke rumah warga masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan serta tata cara pemilahan sampah, sehingga sampah yang akan dibuang sampai ke TPA hanya sampah non organik, sedangkan sampah organik bisa dibuat pupuk kompos lewat permentasi di pondok pengomposan,” terang Parerah, seraya menambahkan bahwa pembangunan pondok pengomposan di masing-masing SKPD merupakan salah satukriteria dalam penilaian piala adipura. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading