Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Semangat NKRI di Hari Nusantara

Aldi Mawitjere   |   13 Desember 2011 – 20:18 WITA

Manado, MTC – Tema Hari Nusantara tahun 2011 ini yakni melalui peringatan Hari Nusantara kita perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI dengan meningkatkan kemampuan pertahanan menuju Negara Maritim.
Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dimana sebgian besar wilayahnya merupakan perairan, pembangunan kelautan harus ditempatkan sebagai mainstream pembangunan ekonomi nasional untuk mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai Negara Maritim.
Tak pelak, amanat Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang dibacakan Plt Sekkot Arnold Kewas, Hari Nusantara adalah bentuk penghormatan atas perjuangan bangsa Indonesia.
“13 Desember 1957 Perdana Menteri Indonesia IR, H Juanda mendeklarasikan konsep Negara kepulauan yang dikenal dengan deklarasi Juanda,” kata Kewas.
Lanjutnya, dimana wilayah laut yang ada diantara pulau-pulau merupakan satu kesatuan wilayah kedaulatan NKRI.
“Oleh karena itu, melalui peringatan Hari Nusantara ini, mari kita bersama kita gelorakan kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI,” ujarnya.
Dia menambahkan, mari kita bangun kesadaran seluruh komponen bangsa seperti saat kejayaan dimasa lalu.
“Kita tingkatkan kesadaran bela Negara dan patriotisme guna mengtatasi segala tantangan dalam pembangunan dari setiap ancaman yang dapat merapuhkan persatuan dan kesatuan,” tukasnya.
Peringatan Hari Nusantara tersebut dihadiri oleh Muspida diantaranya Kapolresta Manado, mewakili Dandim, para Asisten,Staf Ahli, Para Kepala SKPD dan PNS Pemkot, Siswa siswi dan para Nelayan.
Dalam upacara dibacakan juga Deklarasi juanda serta dinyayikan Lagu Mars kepulauan. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading