Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Sembel : Draft RTRW Tomohon Harus Komprehensif

Ardi Kalumata   |   20 Oktober 2011 – 17:24 WITA

Manadotoday.com, Tomohon – Sebelum dipresentasikan ke Kementrian Pekerjaan Umum, draft Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Tomohon harus diberikan pembobotan yang lebih Komprehensif.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi A Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Tomohon Drs Paulus Sembel.

Menurutnya, RTRW nantinya akan menjadi isu strategis tentang perencanaan pembangunan Kota Tomohon ke depan.

‘’Oleh karena itu, harus disusun berdasarkan analisis tata ruang yang komprehensif,’’ ujarnya. RTRW tambah politisi PDIP ini, harus didahului dengan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) , sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009 dan Disaster Risk Assesment (DRA) berdasarkan metodologi yang benar serta oleh sumber daya yang memadai.

‘’Jadi, KLHS, DRA dan RTRW satu paket yang saling interdependensi satu sama lain. Hal ini penting sebab tanpa ada abalisis ruang yang benar, serta tanpa kajian KLHS dan DRA, bagi saya RTRW Kota Tomohon menjadi sebuah perencanaan yang tidak jelas dan tidak cerdas yang bisa berimplikasi pada terabainya masalah-masalah keadilan masyarakat,’’ tandas Sembel.

Jika ini terjadi tambahnya, maka konsep perencanaan RTRW Kota Tomohon akan berdampak negative pada masyarakat Tomohon ke depan.

Sembel mencontohkan tentang bencana alam. Masalah ini menurutnya harus disikapi dan harus secara tegas ditetapkan bahwa Tomohon sebagai daerah yang rawan bencana. Baik bencaba letusan gunung berapi maupun longsor dan banjir.

‘’Dalam RTRW harus digambarkan tentang perencanaan berdasarkan konsep Pengurangan Risiko Bencana termasuk menjalankan secara konsisten UU Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana,’’ tukasnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading