Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Sembel : Pengurangan Kuota MT untuk Tomohon tak Manusiawi

Ardi Kalumata   |   30 Oktober 2011 – 15:40 WITA
Paulus Sembel

Drs Paulus Sembel

Tomohon, MTC – Pengurangan kuota Minyak Tanah (MT) sebesar 30 persen untuk Kota Tomohon dinilai tak manusiawi. Menurut Ketua Komisi A DPRD Tomohon Drs Paulus Sembel, Pertamina harus punya sense of crisis, sebab momentumnya tidak tepat, apalagi menghadapi hari raya Natal dan Tahun Baru.

‘’Program konversi minyak tanah ke gas merupakan program alih teknologi sehingga masyarakat butuh waktu baik secara teknis pemanfaatannya maupun secara psikologis menyangkut kenyamanan masyarakat jika harus menggunakan gas dalam kehidupan sehari-hari,’’kata Sembel.

Jika program ini dipaksakan dan kuota minyak tanah dikurangi tiga puluh persen, dikhawatirkan akan memunculkan persoalan baru. Juga akan ada multi player effect pada lingkungan hidup dan pembabatan pohon atau hutan untuk mencari kayu bakar.

‘’Jadi, sebelum melaksanakan program tersebut, Pertamina terlebih dahulu melakukan analisa SWOT tentang dampak yang akan ditimbulkan,’’ tukas Sembel.

Dari pantauan manadotoday, saat ini masyarakat Tomohon sangat kesulitan mencari mintak tanah. Sementara untuk emmasak, umumnya masih enggan menggunakan kompor gas dengan bahan bakar elpiji karena belum tersosialisasi denngan baik.

‘’Terus terang, walaupun telah ada tabung gas beserta kompor, kami belum menggunakannya karena takut terjadi ledakan seperti yang terjadi di daerah lain,’’ ketus Jeane dan Mariam mewakili ibu rumah tangga. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading