Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Sembel: Wakil Walikota Tomohon tak Diisi, Abaikan Undang-Undang

Ardi Kalumata   |   11 Juni 2012 – 16:18 WITA

TOMOHON (manadotoday.com)—Pernyataan menarik soal pengisian Wakil Walikota dilontarkan Ketua Komisi A yang membidang Pemerintahan, Hukum dan HAM DPRD Kota Tomohon Drs Paulus A Sembel.

Menurutnya, pengisian wakil walikota adalah amanat undang-undang. ‘’Jika tidak dilakukan maka dianggap tidak melaksanakan perintah undang-undang. Jika ini terjadi, akan ada sanksinya,’’ tegas Sembel.

Dikatakannya, jika tidak secara tegas diatur tentang sanksi, bisa saja akan ada yurisprodensi pemberian sanksi.

Untuk pengisian wakil walikota, diatur 60 hari setelah ada walikota definitive. Lalu bagaimana jika sengaja tak dilakukan pengisian wakil walikota. ‘’Saya yakin ada sanksi dan bisa saja walikota tidak bisa mengambil kebijakan-kebijakan yang sifatnya strategis. Atau, walaupun ada walikota tapi administrasi pemerintahan akan dipegang oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah,” tandas Sembel.

Ditambahkannya, pengabaian untuk tidak mengisi wakil walikota bisa saja dilakukan jika daerah dalam status tidak memungkinkan menjalankan pemerintahan, misalnya ada bencana alam besar, kerusuhan dan lainnya yang tidak memungkinkan pelaksanaan pemerintahan berjalan normal.

‘’Hal lain jika batas waktu dilewati, selain ada sanksi, bisa saja pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Dalam Negeri melalui Gubernur akan menunjuk pelaksana tugas wakil walikota,’’ tukas politisi dari PDIP ini.(ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading