Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Semrawut, Pasar Ruko Pateten Akan Dibenahi

Staff Manado Today   |   25 Juni 2011 – 13:06 WITA
Sekkot Bitung

Sekkot Bitung, Edison Humiang

Bitung Today – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung akan membenahi pasar rumah toko (Ruko) di Kelurahan Pateten, Kecamatan Aertembaga yang semrawut, guna menciptakan kenyamanan, ketentraman dan keamanan bagi warga serta pedagang.

Menurut Sekkot Bitung Edison Humiang, lahan parkir dan kios-kios termasuk dalam hal-hal yang perlu dibenahi.

“Aspek estetika perlu dikembangkan dalam iklim pembangunan khususnya penataan pasar, agar supaya dapat memberikan rasa nyaman dalam melakukan aktifitas antara pembeli maupun sang pedagang,” terang Humiang.

Saat ini, Pemkot Bitung tengah melakukan sosialisasi dengan para pengembang maupun pemilik kios di pasar ruko tersebut, agar tidak terjadi selisih paham dalam penataan nantinya.

“Bersama dengan instansi yang terkait akan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha, ini karena lokasi pasar itu memiliki terminal kapal penyeberangan menuju pulau Lembeh,” tandas Humiang.

Diketahui, anggaran pengembangan ataupun penataan pasar Pateten, akan disiapkan oleh  Pemerintah atau instansi terkait.

Awal penataan pasar ini berkembang akibat selisih paham antara Dinas Perhubungan Kota Bitung dan Dinas Pasar, terkait penarikan retribusi lahan parkir. Dimana kedua dinas itu sama-sama melakukan penarikan restribusi terhadap kendaraan yang masuk-keluar di areal pasar, yang merugikan pemilik kendaraan.

Masalah ini akhirnya dibawa ke DPRD Kota Bitung, dan kemudian memanggil hearing kedua instansi ini guna memperolah kejelasan hak atas lahan parkir di Ruko Pateten.

Sekretaris Kota Bitung kemudian mengambil kesimpulan dan menetapkan penarikan restribusi areal parkir tersebut diambil oleh Dinas Pasar.

“Karena penarikan restribusi itu kesemuanya masuk dalam PAD, maka kami berkesimpulan, penarikan retribusi areal parkir hanya dapat dilakukan oleh dinas pasar saja,” tandas Humiang. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading