Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Semua Berpeluang Duduk, Pertarungan Caleg Dapil IV Minsel Bakal Panas

David Masengi   |   27 Maret 2014 – 15:39 WITA

AMURANG, (manadotoday.com)-Rupanya wajah baru atau calon legislatif (Caleg) pendatang baru pada Pemilu 2014 mendatang, akan menjadi penantang yang sangat serius untuk calon anggota legislatif incumbent DPRD Minahasa Selatan (Minsel) khususnya untuk Daerah pemilihan (Dapil) Empat yang melingkupi Kecamatan Amurang, Amurang barat, dan Amurang timur.

Pengamat Politik Minsel Ventje Tuela S.sos mengatakan, nama-nama caleg seperti, Suzi M H Mononimbar, Lidya N Smith, Angel Beatris Dengah, Frangky Lelemboto, Edmie Muaya, Tommy Lesar, Donny Winokan, Hetty Rose Luntungan, Imanuel Mintje, Billy J Regar, Roy H Tambingon dan Trenny Rungkat bisa saja mengganjal langkah Drs Robby Sangkoy Mpd, Gino Rumokoy, Tommy Ampow dan Jenny Johana Tumbuan. “Dapil Empat memperebutkan Enam kursi di DPRD Minsel. Selain pertarungan antar-parpol, pertarungan antar-para caleg incumbent, juga diramaikan wajah baru yang memiliki kekuatan besar,” ujar Tuela.

Dijelaskannya, untuk para pendatang baru yang relatif memiliki potensi untuk duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Minsel, patut diperhitungkan para incumbent. “PDI-P berpeluang dapat minimal 2 kursi, Gerindra dengan keikutsertaan Hetty Rose Luntungan bukan tidak mungkin bersama dengan Frangky Lelemboto dan Edmie Muaya bakal akan membuat Gerindra dapat 3 kursi, Partai Golkar dengan masuknya Roy Tambingon  seperti suntikan darah baru dan membuat persaingan di dapil sangat menarik,” ujarnya.

Menurutnya, posisi Angel Beatrix Dengah di nomor urut 4 dari partai PDI-P akan mempengaruhi konstelasi khususnya daerah Amurang Barat dan sebagian Amurang mengingat nama besarnya dapat mengganggu kompetitor lain.

Sementara itu untuk Golkar, partai ini memiliki pemetaan dan stategi yang rapi membuat Golkar berpeluang dapat kursi tambahan selain incumbent Jenny Johana Tumbuan SE dan Drs Robby Sangkoy MPd yang telah cukup mapan di Golkar, akan muncul yang lainnya seperti Roy H Tambingon dan Imanuel Mintje. “Untuk Gerindra figur  akan menjadi lokomotif di dapil ini dengan strategi pemetaan antar caleg dapat saling menunjang maka akan aman dengan 3 kursi,” tukasnya.

Mantan Wakil Bupati Minsel ini juga memiliki catatan menarik untuk Demokrat selain memajukan caleg incumbent yakni Tommy Ampow yang maju lewat partai penguasa di Indonesia mereka juga akan memunculkan 1 figur yang akan melenggang ke DPRD Minsel yakni Gino Rumokoy yang maju memakai kendaraan Partai Demokrat.

Begitu juga dengan peluang Suzy M H Mononimbar dari partai dari Nasdem dan Billy Regar yang maju melalui partai Hanura. “Jika ini terjadi, maka konstelasi politik akan berubah dan otomatis akan menjadi sangat panas karena semua caleg-caleg tersebut memiliki dukungan yang banyak,” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading