Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Sendoh : LAKIP Wujudkan Pemerintahan Baik dan Bersih

Aldi Mawitjere   |   20 Maret 2012 – 08:16 WITA
plt sekkot manado

Plt Sekretaris Kota Manado, Ir Haefrey Sendoh MSi

Manado, (manadotoday.com) – Prinsip utama tewujudnya tata kepemerintahan yang baik dan bersih dalam tatanan reformasi birokrasi yaitu terselenggaranya pemerintahan secara kredibel, demokratis, tansparan, akuntabel dan bebas KKN. Demikian disampaikan Plt Sekretaris Kota Manado, Ir Haefrey Sendoh MSi.
“ Itu sudah menjadi komitmen kita bersama dalam penyelenggaraan pemerintah kota sepanjang periode ini. Dan belum lama ini telah ditindaklanjuti dengan penandatanganan pakta integritas,”ujarnya.
Disamping itu pula, gerak dan kegiatan pemeritntah daerah mulai dari Perencanaan, Pengorganisasian dan pelaksanaan sampai pada pengawasan sebagai suatu siklus meklanisme pemerintahan harus berjalan seimbang.
“Dalam kerangka itulah maka tugas dan tanggung jawab yang dibebankan hendaknya dilaksanakan dengan baik dan benar serta mengacu pada peraturan yang berlaku,”tandas Sendoh.
Sendoh pun menegaskan di era transparansi, kinerja setiap setiap aparatur pemerintah harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.
“Meraka yang menilai sejauhmana kredibilitas pemerintah sebagai bagian dari kepercayaan masyarakat kepada pemerintah,”katanya.
Oleh karena itu maka aspek akuntabilitas sebagai sebagai salah satu asas umum penyelengaraan negara yang dituangkan dalam laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) merupakan bentuk Laporan Pertanggungjawaban setiap instansi Pemerintah yang lebih komperhensif atas keputusan yang dibuat, tindakan yang dilakukan, kinerja yang dicapai, dan dampak yang dihasilkan kepada publik, dengan target yang ingin dicapai dari penguatan akuntabilitas ini yaitu meningkatnya kinerja instansi pemerintah, dan meningkatnya akuntabilitas instansi pemerintah.
Dalam konteks itulah, maka evaluasi LAKIP akan menilai serta mengukur sejauh mana hasil dari kinerja yang telah kita lakukan sepanjang tahun 2011, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk senantiasa memaknai penyelenggaraan pemerintahan daerah yang benar-benar mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah.
“Karena itulah, kepada para kepala SKPD saya mintakan untuk senantiasa bekerja maksimal, kreatif, inovatif, serta produktif dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada. Diharapkan mampu mengatasi berbagai tantangan yang berkembang saat ini menjadi peluang besar untuk dikembangkan melalui berbagai program, kegiatan dan agenda pemerintahan. Semuanya, demi kemajuan Kota Manado tercinta ditengah-tengah visi Manado Kota Model Ekowisata dan Misi menjadikan Manado sebagai Kota yang menyenangkan,”pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading