Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Serangan Ulat Jengkal di Sangihe Meluas

Redaksi Manado Today   |   11 Juni 2012 – 21:46 WITA
pohon Nantu gundul akibat serangan Ulat

Sejumlah pohon Nantu yang gundul akibat serangan Ulat Jengkal

TAHUNA (manadotoday.com) – Serangan ulat jengkal di sejumlah wilayah di Kabupaten Sangihe, meluas bahkan mencapai radius 40 hektar. Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan (DP3K) Sangihe, Ir Barto Lino.

Menurutnya, serangan ulat jengkal tersebut telah merusak sekitar 271 pohon kayu nantu milik warga di Kampung Mala, Bahu dan Kalasuge Kecamatan Tabukan Utara, serta di Kelurahan Angges dan Kelurahan Pananekeng Kecamatan Tahuna.

Sementara upaya penanganan yang dilakukan petugas dari DP3K terhadap ulat aneh tersebut, yakni melakukan penyemprotan pestisida jenis rudal.

“Kami telah melakukan upayan pencegahan dan pembasmian ulat jengkal itu dengan menggunakan pestisida jenis rudal, agar habit ulat jenhgkal itu tidak merembet ke wilayah lain,” ujar Lino, kepada manadotoday Senin (11/6/2012).

Sementara itu, menurut Jefry Paparang, warga Kampung Kalasuge, mereka mengaku kuatir jika ulat jengkal ini akan memakan tumbuhan lainya seperti kelapa, cengkih dan pala yang merupakan komoditi andalan di daerah ini.

Namun Paparang menyatakan pihaknya, sangat bersyukur karena dalam sepekan ini, petugas dari Dinas P3K secara intens melakukan pemberantasan ulat yang mereka sebut ulat nantu itu. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading