Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

SHS akan Perketat Pengeluaran Izin Tambang di Sulut

Tonny Sumakul   |   23 Desember 2011 – 11:17 WITA

gubernur sulutManado, MTC – Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengungkapkan, bahwa dirinya akan memperketat untuk pengeluaran izin tambang di daerah ini mulai tahun depan. Pasalnya, dari sekitar 70 Izin tambang di Sulut yang dikeluarkan oleh pemerintah tingkat II, hanya empat yang jelas.
“Saya akan perketat pengurusan izin tambang kedepan,” tukas SHS sapaan akrab Gubernur Sulut itu.
Disebutnya lagi, izin tambang yang dinilai tak memenuhi syarat itu, karena disebabkan kondisi sumber daya alam yang ada di daerah tersebut. Ini juga terjadi, menyusul tak ada koordinasikan antara pemerintah di Kabupaten/Kota dengan Pemprov.
“Ini diakibatkan tak ada koordinasi. Sebab, banyak daerah yang mengurus izin tambang langsung dilakukan ke pusat, tanpa berkoordinasi dengan Pemprov,” ujar Sarundajang.
Menurutnya, pihaknya meminta agar kedepan, Bupati/Walikota yang akan mengeluarkan izin tambang, harus berkoordinasi dengan Pemprov, agar izin tersebut akan sesuai dengan aturan yang berlaku.
“Saya harap izin tambang itu harus benar-benar dilakukan dengan kajian yang matang,” katanya.
Sarundajang menambahkan, tahun 2012 mendatang penerapan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2010 yang telah direfisi menjadi PP Nomor 23 Tahun 2011 tentang kewenangan tugas gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di Provinsi, akan dirinya gunakan.
“Saya akan gunakan PP nomor 23 tahun 2011 itu. Sebab saya juga dinilai pemerintah pusat. Artinya, Bupati/Walikota sesuai dengan amanat PP tersebut, akan saya nilai. Jika Bupati/Walikota tidak disiplin, saya tak segan-segan akan mengusulkan pemberhentiannya,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading