Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

SHS Apresiasi Positif Produktifitas Persawahan Mitra

Staff Manado Today   |   14 Agustus 2011 – 16:38 WITA

Ratahan Today – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr SH Sarundajang memberi penilaian khusus terhadap pontesi Minahasa Tenggara (Mitra). Disela-sela panen perdana padi di persawahan Ranombolay, Desa Molompar, Kecamatan Ratahan Timur (Ratim) SHS sapaan akrab Gubernur Sulut mengatakan, areal persawahan di Mitra tidak luas hamparannya, tapi sangat-sangat produktif.

’’Ini merupakan salah satu contoh yang pantas ditirukan semua kabupaten/kota di Sulut, untuk itu saya memberikan apresiasi yang besar bagi Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2), ” kata gubernur yang disambut tepuk tangan ratusan orang yang hadir.

Selanjutnya SHS mengatakan, Mungkin areal persawahan yang ada di Molompar ini luasnya sekitar 100 hektar. Luas ini bisa sama dengan daerah lain 200 sampai 300 hektar. Minahasa Tenggara sudah betul-betul on the right place dengan intensifiasi. Artinya dengan lahan tidak begitu luas, tapi menghasilkan lebih dari yang diharapkan, lebih dari kapasitas lahan itu sendiri. Dengan potensi ini, ibu bupati, para petani, dan para penyuluh jangan puas diri, tapi bisa dibuat lagi di tempat lain, tidak hanya di Molompar.

‘’Kita bisa bikin lagi di tempat yang lain seperti di Silian, Belang, dan Pusomaen. Saya lihat ada sawah-sawah disana, tidak besar, tapi karangkternya hampir seperti disini (Molompar, red),’’katanya.

SHS memotivasi segenap komponen di Minahasa Tenggara jangan kendor dan bulatkan tekat untuk mencapai swasembada beras tahun 2012. ‘’Saya haturkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada masyarakat kepada saudara-saudara di Minahasa Tenggara ini yang telah menopang misi pemerintah,’’ ungkapnya.

Menurut Bupati Mitra Telly Tjanggulung (T2) langkah untuk mencapai swasembada beras di Sulut tahun 2012 telah dilaksanakan petani dan stakeholders lainnya di Minahasa Tenggara. Untuk mewujudkan itu, seluruh aparatur pemerintah mulai dari tingkat kabupaten melalui instansi teknis, kecamatan sampai ke tingkat desa/kelurahan diminta serius melaksanakan tekad ini. Terus berinovasi, memberikan dorongan kepada masyarakat agar secara bersama-sama mewujudkan program tersebut.

‘’Dampak, manfaatnya bagi pengembangan dan kesejahteraan masyarakat,’’ ujar T2. (vel).

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading