Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Pemerintahan

SHS Bertekad Cetak Hattrick WTP

Staff Manado Today   |   25 Juli 2011 – 21:17 WITA
SHS

Gubernur Sulut : SH Sarundajang

Manado Today – Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) bertekad mencetak hattrick untuk pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK terkait laporan pengelolaan keuangan pemerintah.

“Memang perlu kita akui lebih sulit mempertahankan dari pada meraih, namun saya bertekad tahun depan Pemprov Sulut akan tetap mempertahankan opini WTP dalam menyajikan pengelolaan keuangan dengan baik,” ujar SHS ketika memberikan sambutan pada rapat Paripurna istimewa penyerahan hasil laporan BPK, senin (25/07/2011).

Karena menurutnya jika WTP akan diraih untuk ketiga kalinya akan memberikan aspek yang sangat positif prestisius dan akan mendapat pengakuan Nasional, karena hingga kini belum ada suatu daerah yang tiga kali berturut-turut meraih WTP.

‘’Kami akan berupaya meraih WTP ke tiga kali, karena dengan begitu akan memberikan efek samping yang positif dalam rangka penghargaan pemerintah pusat kepada daerah,’’ katanya Optimis.

Meski begitu catatan yang merupakan rekomendasi tentang temuan BPK harus ditindaklanjuti termasuk lembaga tuntutan ganti rugi yang mempunyai kewajiban, meskipun tidak mempengaruhi opini BPK, namun harus secepatnya diselesaikan.

‘’Piutang pemerintah daerah harus segera ditutup, disamping secara keseluruhan SKPD akan melaporkan riview laporan keuangan SKPD, agar secara akumulatif dan cepat dapat melakukan penilaian awal kelemahan dan kekurangan kita sebelum BPK melakukan pemeriksaan keuangan,” papar SHS.

Lanjutnya, pemprov akan melakukan penertiban-penertiban bukan hanya karena mencapai opini, tapi akan dijadikan budaya sikap mental para pejabat SKPD yang salanjutnya akan ditularkan ke Kabupaten kota yang ada di Sulut.

“ Menjadi kewajiban pemprov untuk melakukan pembinaan ke bawah terkait pengelolaan keuangan, meskipun secara otonomi Kabupaten /Kota mempunyai hak dan kewajiban serta kewenangan agar mereka dapat meraih WTP .Dan hal ini positif,” pungkas SHS. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading