Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

SHS : Bunaken Harus Dilestarikan !

Tonny Sumakul   |   4 November 2011 – 21:53 WITA
SH Sarundajang

SH Sarundajang

Manado, MTC – Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menyatakan, keindahan taman laut Bunaken, harus dilestarikan secara turun temurun. Sebab, pantai dan laut Bunaken, adalah salah satu ikon pariwisata dunia di Bumi Nyiur Melambai ini.

“Bunaken adalah ikon dunia. Jadi saya minta kelestariannya, akan terus kita jaga,” tukas SHS dalam launching Save Bunaken, Jumat (4/11/2011).

Menurtnya lagi, pihak Pemprov Sulut juga, akan terus mendukung gerakan peduli bunaken dari sampah, yang dilakukan oleh Pemkot Manado, TNI/Polri, Perguruan Tinggi dan LSM, guna penyelamatan objek wisata andalan Sulut itu.

Disisi lain kata orang nomor satu Sulut itu, warisan dunia di Bunaken serta sepanjang pantai Pulau Lembeh hingga Bunaken, “bermukim” jenis species laut yang langka di dunia. Salah satu contohnya ditemukannya species Ikan Raja Laut atau Coelacanht di perairan tersebut beberapa waktu lalu. Untuk itu, SHS mengajak, agar masyarakat terus menjaga kelestarian perairan di Sulut, yang didalamnya juga yakni laut Bunaken.

“Jangan sampai Bunaken ini tinggal kenangan akibat sampah yang dibuang masyarakat dari sembilan DAS di kota Manado,” ketusnya.

Ia menambahkan, sampah yang berada di pulau bunaken, harus menjadi tanggung jawab kita untuk membersihkannya, guna menyelamatkan terumbu karang di pulau Bunaken.

“Kelestarian Bunaken juga, merupakan tugas kita bersama, terutama dijadikannya Sulut sebagai Sekretariat Coral Triangle, dari enam Negara yang memiliki kesamaan terumbu karang, yaitu Malaysia, Philipina, Kepulauan Salomon, Papua New Guinea, Timor Leste dan Indonesia,” ujar SHS. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading