Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

SHS Canangkan Gerakan Sentuh Tanah di Tomohon

Staff Manado Today   |   1 Mei 2011 – 08:37 WITA

Tanam Jagung, Bagikan Bibit serta Pupuk

Tomohon Today – Gubernur Sulawesi Utara Drs Sinyo H Sarundajang bersama Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Sabtu (30/4) mencanangkan Gerakan Sentuh Tanah bertempat di Perkebunan Wawo Kota Bunga Tomohon.

Gubernur Sulut SHS mencanangkan Gerakan Sentuh Tanah di Kota Tomohon

Gubernur Sulut SHS mencanangkan Gerakan Sentuh Tanah di Kota Tomohon.

Pencanangan ditandai dengan pemberian bibit jagung serta pupuk kepada sejumlah Kelompok Tani (Poktan) dari 44 kelurahan yang ada di Tomohon.

‘’Sebagai pemberian Tuhan, tanah harus diolah agar bisa menghasilkan bagi manusia. Nah, kita harus menyentuhnya agar memberikan hasil,’’ kata Sarundajang.

‘’Dulu memang tanah tak perlu ditanami atau diolah, karena terus memberikan hasil. Tapi, ketika manusia berbuat dosa, maka tanah yang diberikan Tuhan tersebut sekarang harus diolah agar bisa memberikan hasil,’’ kata Sarundajang.

Melalui momen tersebut, Sarundajang berharap warga Kota Tomohon menjadi gemar menanam. Bukan hanya di kebun tapi memanfaatkan pekarangan rumah.

‘’Tomohon sejak dulu terkenal sebagai penghasil hortikultura. Jadi, marilah dikembangkan agar tidak lagi mendatangkan bahan makanan dari daerah lain,’’ kata Sarundajang.

Ia mengatakan dengan menanam seperti tanaman jagung masyarakat akan diuntungkan. Pasaran jagung saat ini sangat baik. Dan, tak perlu diekspor, karena habis terpakai di daerah.

Plt Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sendiri menyatakan siap mendukung program sentuh tanah di Kota Tomohon dengan menggiatkan masyarakat maupun kelompok tani.

‘’Kami bertekad menjadikan Kota Tomohon sebagai daerah penghasil hortikultura. Caranya, menggiatkan masyarakat dan kelompok tani untuk menanam,’’ tukasnya.

Pencanangan Gerakan Sentuh Tanah tersebut turut dihadiri Kadis Pertanian Sulut Ir Johanis Palenewen, Plt Sekkot Tomohon Drs Arnold Poli SH MAP, pejabat di jajaran Pemkot Tomohon serta para kelompok tani dan masyarakat. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading