Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

SHS: Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Harus Tuntas 2011

Redaksi Manado Today   |   2 Juni 2011 – 12:45 WITA

Manado Today – Pembebasan lahan untuk pembangunan mega proyek jalan tol Manado-Bitung, harus dituntaskan pada tahun 2011. Demikian, Gubernur Sulut SH Sarundajang.
“Pada tahun 2012 mendatang proyek jalan tol itu sudah harus dikerjakan, sehingga masyarakat bisa menerima dampak positifnya dari peningkatan infrastruktur di daerah,” kata Sarundajang, baru-baru ini.

Pembebasan lahan itu akan ditopang secara bersama baik alokasi anggaran dari Pemprov Sulut, Pemerintah Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara.

Proyek pembangunan yang dialokasikan melalui APBN sekitar Rp2 triliun itu, pekerjaannya nanti akan dilakukan pihak swasta setelah ditender oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi Sulut SR Mokodongan mengatakan, biaya ganti rugi lahan sudah dimasukan ke APBD baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Total biaya ganti rugi sekitar Rp60 miliar, terdiri dari “sharing” Pemprov Sulut Rp20 miliar dan Kota Manado Rp10 miliar.

Kemudian biya sharing dari Kota Bitung Rp15 miliar serta Kabupaten Minahasa Utara sebanyak Rp10 miliar.

Pihak DPRD Sulut meminta kepada warga untuk tidak memainkan harga pembebasan lahan, ketika akan dibangun jalan tol Manado-Bitung.

“Masyarakat harus proporsional memberikan harga jual lahan sesuai NJOP, sehingga proses pembangunan jalan tol berjalan baik dan optimal,” kata anggota DPRD Sulut, Paul Tirajoh.

Menurutnya, tahun 2011 ini merupakan tahapan pembebasan lahan kepada warga, melalui jalur Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung. “Masyarakat sebaiknya mendukung kehadiran pembangunan jaln tol ini, dengan tidak menghambat ganti rugi lahan nanti,” jelasnya. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading