Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

SHS Resmikan Pabrik Sabut Kelapa di Kalasuge Sangihe

Redaksi Manado Today   |   14 Agustus 2012 – 09:14 WITA
peresmian pabrik sabut kelapa di sangihe

SHS didampingi Bupati Sangihe saat memasuki areal pabrik sabut kelapa

TAHUNA (manadotoday.com) – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, DR Sinyo Harry Sarundajang, Senin (13/8/2012) meresmikan pengoperasian pabrik Sabut Kepala, di Kampung Kalasuge Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Sangihe sekaligus melaunching pupuk organik hasil olahan dari limbah pabrik sabut kelapa tersebut.

Peresmian pabrik sabut kelapa milik PT Pancaran Berkat Mulia tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sarundajang.

Dalam sambutannya, SHS menyampaikan dirinya salut kepada pemerintah Kabupaten Sangihe yang mampu merangkul para pengusaha lokal untuk berinvestasi dalam pengolahan sabut kelapa di daerah ini.

“Saya harus menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Sangihe yang mampu merangkul para pengusaha lokal di daerah ini. Ini pertanda baik terhadap dunia investasi di Sangihe yang secara otomatis akan memajukan perekonomian daerah dan masyarakat karena ada penyerapan tenaga kerja,” ujar Sarundajang.

Sementara itu, Komisaris PT Pancaran Berkat Mulia, Seunal Thungari, dalam laporannya di hadapan Gubernur, mengatakan bahwa saat ini stok olahan yang telah menjadi bahan baku dari sabut kelapa sudah berjumlah 200 ton, dan sudah siap di ekspor ke luar negeri dengan negara tujuan China.

Namun Thungari menyampaikan keterbatasan energi listrik di perusahaan pengolhan itu, dimana untuk pengoperasian optimalnya, perusahaan masih membutuhkan tenaga listrik sebesar 50 KVA.

Sabut kelapa itu sendiri merupakan bahan baku untuk pembuatan jok mobil dan spring bed.

Gubernur yang turut didampingi seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sulut, kemudian melaunching pupuk organik dari limbah olahan sabut kelapa di lokasi yang sama.

Usai peresmian, rombongan Gubernur dan Bupati Sangihe bersama Ibu, kemudian melakukan acara buka puasa bersama dengan warga muslim di Tabukan Utara. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading