Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

SHS : RUU Kepulauan Dapat Respon Baik dari Mendagri

Tonny Sumakul   |   27 Oktober 2011 – 07:50 WITA
gubernur sulawesi utara

SH Sarundajang

Manadotoday.com, Jakarta – Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengungkapkan, bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) Kepulauan, mendapatkan respon positif dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Gamawan Fauzi.

RUU Kepulauan dapat respon positif dari pak Mendagri,” kata SHS sapaan akrab Gubernur Sulut, Rabu (26/10/2011), usai melakukan pertemuan dengan Mendagri, bersama enam Gubernur daerah Kepulauan lainnya, yakni Maluku, Maluku Utara, NTT, NTB, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut SHS lagi, Mendagri juga memahami provinsi kepulauan, mempunyai karakteristik pulau-pulau, harus mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan Provinsi Daratan.

“Pertemuan tadi juga, Mendagri memberikan aspresiasi atas materi draft RUU Provinsi Kepulauan, terkait formulasi perhitungan Dana Alokasi Umum (DAU), dengan memperhitungkan luas lautan sebagai ruang publik,” ungkap SHS.

Lanjutnya menyampaikan, Mendagri juga akan mempertimbangkan draf RUU tersebut, apakah akan memasukkan materi-materi ini dalam Revisi UU No 32 Tahun 2004, yang diperbaharui ke UU No 12 Tahun 2008, yang saat ini sementara digodok,

“Namun bagi kami, yang terpenting adalah substansi yang diperjuangkan untuk kepentingan pembangunan di Provinsi Kepulaua,n akan memiliki payung hukum yang tebih jelas dan kuat. Agar nantinya, Provinsi Kepulauan akan mendapatkan perhatian dan perlakukan yang berbeda dengan Provinsi Daratan, terutama dalam formulasi perhitungan anggaran pembangunan,” ujar SHS.

Sebelumnya juga draft RUU Kepulauan itu, sudah disampaikan ke Komisi I dan Ketua DPR RI Marzuki Alie, dimana mereka memberikan respons sangat positif dan akan memproses RUU tersebut, dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan sejumlah Kementerian terkait lainnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading