Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

SHS Sosialisasikan Peningkatan Pangan Kepada Camat-Lurah

Redaksi Manado Today   |   25 Februari 2011 – 17:51 WITA

Manado Today – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) SH Sarundajang mensosialisasikan upaya peningkatan ketahanan pangan kepada jajaran camat dan lurah, seiring dengan ancaman kerawanan pangan yang bisa saja melanda daerah itu.

“Para camat dan lurah di Sulut harus mampu berinovasi pada upaya peningkatan sektor pertanian, sehingga ketahanan pangan terus terjaga dengan baik,” kata Gubernur, pada rapat koordinasi pemerintahan desa se-Sulut, di Manado, Jumat.

Menurutnya, Provinsi Sulut dikenal sebagai salah satu daerah agraris dengan berbagai sentra produksi pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan dengan tingkat prospek besar kalau dikelola dengan baik.

Banyak negara di dunia ini sedang mengalami krisis pangan akibat gagal panen pertanian, yang disebabkan pengaruh perubahan iklim tidak menentu dan bisa saja berdampak langsung ke Sulut.

Dihadapan sebanyak 1.925 peserta rapat koordinasi, seperti Kepala Desa sebanyak 1.338, Lurah sebanyak 326 dan Camat sebanyak 159, Gubernur Sulut meyakini program peningkatan pangan bakal terwujud dengan baik jika dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

“Saya mengajak para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk segera mengembangkan sumber daya pertanian yang ada di daerah masing-masing, bahkan kalau bisa membuka lahan pertanian yang baru untuk menanam padi dan jagung,” katanya.

Padahal di beberapa kabupaten di Sulut memiliki lahan pertanian yang sangat luas, seperti Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolmong, Bolmong Utara, Bolmong Selatan dan sebagainya, dengan harapan mampu menggarap hasil pertanian dengan baik.

“Bahkan negara seperti Thailan dan Vietnam bisa saja menghentikan kegiatan impor beras ke Indonesia, karena ancaman pemanasan global juga melanda negara-negara itu,” ungkapnya.

Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Ayib Muflich mengharapkan peran pemerintah ditingkat kecamatan dan Kelurahan, untuk memberikan motivasi dan pemberdayaan kepada warga setempat untuk berinovatif pada sektor pertanian. (ann/mtc)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading