Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

SHS : Tak Ada Intervensi Apapun di Rolling Pemkot Manado !

Staff Manado Today   |   4 Mei 2011 – 15:43 WITA

Manado Today – Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) melalui juru bicaranya Christian Sumampouw SH MED menyatakan, dirinya tidak pernah atau bermaksud mengintervensi mengenai rolling pejabat di Pemkot Manado.

Foto : SH Sarundajang

Foto : SH Sarundajang.

Pernyataan tersebut mencuat, menyusul adanya kabar Pemprov sengaja menahan hasil konsultasi rolling pejabat dilingkup Pemkot Manado yang diusulkan oleh Walikota Vicky Lumentut.

“Pengembalian berkas pengusulan rolling ke Pemkot Manado, sebab berdasarkan hasil pemeriksaan BKD Sulut, itu tak lengkap. Namun hingga kini, berkas yang dikembalikan tersebut dengan maksud dilengkapi kembali oleh Pemkot Manado, hingga kini tak kunjung diterima Pemprov,” kata Sumampouw.

Disampaikannya lagi, bukan hanya untuk Pemkot Manado saja, untuk Kabupaten/Kota yang lain juga, Gubernur Sarundajang mengungkapkan bahwa dirinya sama sekali tidak bermaksud menghambat rolling. Namun, penetapan pejabat itu harus normatif dan sesuai ketentuan yang berlaku.
“Yang pokok saat ini, selaku pengawas pemerintah di daerah sesuai dengan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 pasal 130 ayat (2), dimana pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pejabat dari dan dalam jabatan eselon II di Kabupaten/Kota ditetapkan oleh Bupati/Walikota, setelah berkonsultasi kepada Gubernur,” ungkap Sumampouw lagi.

Bukan hanya itu, pada PP Nomor 9 Tahun 2003 pasal 14 tentang wewenang Pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS, berisi tentang pengangkatan dan pemberhentian Sekda dan pejabat eselon II di Kabupaten/Kota, dilakukan setelah ada konsultasi tertulis dengan Gubernur.

Selain itu, padaPermendagri Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pedoman Penilaian Calon Sekretaris Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta Pejabat Struktural Eselon II di Kabupaten/Kota, Penilaian calon pejabat Struktural eselon II dilakukan oleh Gubernur.

“Jadi artinya, Pemprov Sulut akan tetap menunggu ususlan secara lengkap untuk rolling di Pemkot Manado, dan natinya akan segera disampaikan juga kepada Pemkot Manado untuk proses selanjutnya. Sebab, hal ini juga nantinya untuk menghindari dipersalahkan Gubernur ataupun Walikota atas rolling yang dilakukan jika tak sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” kata Sumampouw. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading