Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

SHS Tegaskan Sulut Perkuat “ASEAN CONNECTIVITY”

Staff Manado Today   |   12 Agustus 2011 – 10:47 WITA

Manado Today – Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo H Sarundajang mengatakan letak Provinsi Sulawesi Utara yang strategis dan kaya potensi lokalnya turut memperkuat “ASEAN Connectivity”.

“Hal ini termuat dalam ‘master plan ASEAN Connectivity’ yang disahkankan saat pertemuan tingkat tinggi ASEAN ke 17 di Hanoi, Oktober tahun lalu,” ujar Gubernur Sulawesi Utara, Sinyo H Sarundajang, saat membuka “Seminar on Enhancing ASEAN Connectivity to Support ASEAN Community 2015″, di Manado.

Saat pertemuan tinggi tersebut poin “ASEAN Connectivity” mengakui pentingnya pengembangan dan potensi lokal. Daerah-daerah ini diberikan peluang yang lebih besar dan letak strategis dalam Peta ASEAN Connectivity untuk menjadi bagian dari master plan tersebut.

“Karena itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan prioritas dan akan mengkondisikan segala potensi daerahnya untuk menjadi bagian dalam master plan itu,” katanya.

Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan RI, Bambang Susantono yang menjadi pembicara kunci dalam seminar tersebut mengatakan, ada tiga pilar penting yang harus mendapatkan perhatian penting untuk dikembangkan diantaranya physical connectivity (pembangunan infrastruktur), institutional connectivity (penguatan kelembagaan), people to people connectivity (hubungan antar masyarakat secara langsung).

“ASEAN Connectivity relatif mudah untuk dilaksanakan karena masyarakat negara-negara ASEAN memiliki kepentingan serta latar belakang yang relatif sama,” jelas Bambang.

Dia menambahkan, Sulawesi Utara dijadikan lokasi pelaksanaan seminar ini karena pertimbangan daerah ini berkembang sangat dinamis dalam lima tahun terakhir seperti ditetapkannya Kota Bitung menjadi Kawasan Ekonomi Khusus.

“Jadi dalam seminar ini diharapkan mendapatkan masukan dalam rangka membangun kekuatan bersama ASEAN dalam rangka menghadapi Kompetisi Global,” katanya.

Sementara itu Kabag Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Christian Sumampouw, mengatakan seminar ini digelar bersama Kementerian Luar Negeri RI, Perwakilan Tetap ASEAN di Indonesia, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Sulawesi Utara serta dihadiri beberapa pemangku kepentingan ASEAN, akademisi, pemerhati ASEAN, Pemprov Sulawesi Utara, serta Pemerintah Kota Bitung.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading