Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Sidang Paripurna DPRD Minsel tak Dihadiri Eksekutif

David Masengi   |   28 September 2012 – 19:56 WITA

AMURANG, (manadotoday.com) – Rapat Paripuna DPRD Minahasa Selatan dalam rangka tutup masa sindang kedua dan buka masa sindang ketiga, Jumat (28/09/2012) tak dihadiri pihak Esekutif sebagai Mitra kerja pemerintahan.Informasi yang dirangkum menyebutkan alasan ketidakhadiran pihak eksekutif, karena saat ini Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu sedang berada di Amerika dalam rangka tugas belajar.

Meskipun sebenarnya Wakil Bupati Sonny Tandayu sedang berada ditempat. Namun kabarnya lagi DPRD enggan menggunakan jasa Wakil Bupati menggantikan Bupati dalam Paripurna tersebut karena takut.

Pelak saja hal ini menjadi sorotan sejumlah elemen masyarakat. Mereka mempertanyakan ketidak hadiran pihak eksekutif dalam sidang paripurna tersebut.

“Ini kan sangat aneh, meski tidak diharuskan sesuai dengan aturan, namun baru sekarang DPRD menggelar sidang paripurna tanpa ada pihak eksekutif. Harusnya pihak eksekutif diundang dalam Paripurna dan jika Bupati berhalangan Wakil Bupati bisa menggantikan Apalagi ini sesuai aturan UU 32 tahun 2004 jika kepala daerah berhalangan wakil kepala daerah menggantikan,” tandas Ketua Himpunan Pemuda dan Pelajar Cita Waya Esa Story Moring Spd.

Moring menilai tidak dihadirkannya Wabup menggantikan Bupati, karena ada sebuah ketakutan dari pihak legislatif, jika mengundang wakil Bupati tanpa diketahui Bupati Minsel, sebab secara terang-terangan para wakil rakyat Minsel tidak mau berkomentar masa pendelegasian wewenang dan tugas wakil Bupati jika Bupati berhalangan.

” Kalau DPRD katakan sesuai tatip memperbolehkan, alasannya kenapa sampai eksekutif tidak diundang. Harusnya mereka dapat memberikan alasan yang tepat agar warga tau dan mengerti alasan tidak dihadirkannya eksekutif dalam sidang paripurna,” tukas Moring.

Sementara itu Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa BSc SH saat dimintai keterangan enggan memberikan alasan yang tepat sebab tidak dihadirkannya eksekutif dalam sidang paripurna tersebut.

” Sesuai dengan tata tertip (Tatip) DPRD, tidak diharuskan eksekutif untuk diundang. Dan kami sudah mengkonsultasikan ke Provinsi bahkan sampai ke Depdagri dan provinsi pernah juga melakukan hal tersebut,” ujarnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading