Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Simulasi Evakuasi Korban Warnai Kesiapan Lamtamal VIII Jelang ARF-DIREX

Manado Today   |   10 Maret 2011 – 16:01 WITA

Manado Today – Simulasi evakuasi korban bencana gempa mewarnai apel kesiapan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado dalam pelaksanaan ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF-DIREx) 13-19 Maret 2011 di Manado.

Simulasi yang dilaksanakan di Makolantamal VIII Manado, Kamis (10/03/2011), menceritakan terjadi gempa bumi dengan kekuatan skala 7,5 SR yang terletak disekitar 25 kilomter (km) sebelah barat Manado pada kedalaman 20 Km, yang menyebabkan adanya sejumlah korban mengalami luka-luka.

Kondisi tersebut membuat Lantamal VIII Manado menurunkan tim evakuasi medis ke sejumlah titik yang terdapat korban tersebut.

Para korban yang mengalami luka-luka itu kemudian dievakuasi oleh tim tersebut lalu dibawa ke rumah sakit lapangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Agus Purwoto mengatakan latihan penanggulangan bencana yang diberi sandi ARF DIREX 2011 bukan hanya menjadi kegiatan nasional tetapi internasioal.

Latihan tersebut akan diikuti oleh beberapa negara baik sebagai pelaku maupun pengguna. Oleh karena itu sebagai salah satu unsur yang terlibat dalam latihan tersebut, maka Lantamal VIII perlu mempersiapkan segenap personil dan meteril baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung sebagai pendukung untuk dapat melaksanakan latihan, serta memberikan dukungan terhadap kesuksesan latihan penanggulangan bencana tersebut.

“Apel itu untuk melihat dan mengecek sejauh mana kesiapan personil maupun materil atau alat yang dimiliki Lantamal baik sebagai pelaku maupun pendukung latihan bersama penanggulangan bencana tersebut,” katanya.. (ann/tim)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading