Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Sinar Laser Mengusir Bajak Laut

Redaksi Manado Today   |   9 Januari 2011 – 11:33 WITA

 

Uji Coba Laser (Foto : Kaskus/telegraph.co.uk)

 

Inggris Today -Menurut organisasi anti pembajakan Biro Maritim Internasional, tingkat kejahatan perampokan di laut lepas meningkat sekitar 430 serangan pada tahun 2010 atau naik 5,6 persen dari tahun 2009. Sebuah penelitian sinar Leser yang dilakukan BAE System menurut laporan newscientist.com, dapat membantu menghalau perampokan bajak laut. Dimana tembakan Laser yang dirancang bukan untuk mematikan ini, dapat menyebabkan para perompak ini kehilangan penglihatan secara temporer, sehingga kebingungan dan calon korban dapat meninggalkan mereka.

“Meskipun laser tidak akan selalu mengusir agresor ditentukan, tapi setidaknya mereka telah diberikan peringatan bahwa calon korbannya telah siap, setelah melihat dari kejauhan. Dan senjata non-mematikan,” kata Bryan Hore dari BAE Systems di Farnborough, Inggris, dimana sistem ini dikembangkan. Dengan memperhatikan berbagai sasaran, serta kondisi atmosfer, sistem secara otomatis dapat mengatur intensitas sinar laser untuk memastikan tidak ada kerusakan mata abadi.

Cara kerja sinar laser berwarna Hijau ini, dapat dipergunakan dari jarak 1500 meter, dimana yang terkena tembakan Laser seperti melihat sinar matahari. “Penggunaan Sunglasses tidak akan membantu,sebab akan memperburuk efek Laser sebab Sinarnya akan lebih terang kontras pada latar yang gelap,” kata Hore.

Cakupan Laser Hijau yang ditembakkan, dapat menyelubungi perahu ringan Enam meter yang biasa digunakan perompak dan sangat menyulitkan dilakukan serangan dengan menggunakan senjata serbu seperti AK-47 maupun granat roket, sebab dalam jarak 1500 meter telah terkena Laser yang membutakan penglihatan.

“Jika mendapat dukungan pendanaan yang cukup, proyek ini selesai dalam satu tahun kedepan,” ungkap Hore. (jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading