Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Singal : Pemkot Tegaskan SPBU tak Layani Galon

Staff Manado Today   |   27 Mei 2011 – 11:39 WITA
Antrian panjang kendaraan di SPBU Malalayang

Antrian panjang kendaraan masih hiasi SPBU di Manado.

Manado Today – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menegaskan Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) di kota Manado dilarang keras melayani gallon, jika kedapatan ijin dicabut.

Salah satu penyebab terjadinya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU di kota Manado, selain karena permintaan konsumen meningkat, juga disebabkan oleh oknum petugas SPBU yang melayani pembelian BBM dalam galon yang dilakukan warga untuk dijual ulang.

Padahal, kebutuhan BBM di kota Manado saat ini tidak mencukupi akibat banyaknya kendaraan yang beroperasi tanpa ada penambahan kuota. Melihat situasi tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mengimbau para pemilik SPBU untuk menertibkan operatornya yang masih menerima pengisian BBM khusus galon karena dilarang.

“Kita memang perlu tegaskan kembali agar SPBU tidak boleh melayani pengisian BBM di galon-galon, sebab hal itu tidak diperbolehkan. Ini yang perlu kami pertegas, apalagi surat edaran untuk tidak boleh melayani galon sudah dikirim pemerintah provinsi ke seluruh SPBU,”tandas Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Pingkan Sinjal SE MSi kepada manadotoday Jumat (27/05/2011).

Menurutnya, pihaknya akan mengambil tindakan tegas jika ada SPBU yang kedapatan masih melayani pengisian BBM di galon-galon. Sanksi yang diberikan, tambahnya, yakni pencabutan izin seperti Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), Ijin Gangguan (HO) dan lain sebagainya.

Olehnya, Sinjal meminta pemilik SPBU untuk menaati edaran yang telah dilayangkan kepada seluruh SPBU. Apalagi sesuai hasil rapat antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten dengan pihak Pertamina serta aparat keamanan, diperoleh kesimpulan jika setiap SPBU akan dijaga ketat aparat kepolisian.

“Setiap SPBU ada polisi yang berjaga-jaga, karena tidak boleh ada pengisian BBM di galon,”ujar Sinjal.

Menyangkut penjualan BBM dalam bentuk eceran seperti dipinggiran jalan, pungkasnya, tidak dibenarkan karena tidak ada ijin. Pemerintah tidak akan melakukan penertiban terhadap usaha tersebut, namun akan mengawasi pembelian BBM dalam bentuk galon di SPBU.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading