Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal

Siswa SMA Jadi Korban Penipuan Lewat Internet

Redaksi Manado Today   |   15 April 2011 – 06:36 WITA

Manado Today – Layanan jasa transaksi barang lewat internet, saat ini merupakan salah satu modus kejahatan penipuan yang harus menjadi perhatian aparat hukum. Buktinya, seorang pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Manado, tertipu saat membeli telepon seluler merek blackberry degan memesan barang itu lewat internet, pada sebuah situs yang menjajakan barang secara online.

Cendrawani Soamale, pelajar SMA Negeri IX Manado berusia 17 tahun, di Manado mengatakan, dirinya mengalami kerugian sekitar Rp1,45 juta saat melakukan pembelian blackberry melalui internet.
“Uang telah dikirimkan tetapi barang yang diterima hanya sebuah baju batik dan dua buah baju kaus,” kata Cendrawani usai melaporkan kejadian yang dialaminya di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulawesi Utara (Sulut).
Cendrawani mengatakan, pembelian alat komunikasi itu dilakukan pada 31 Maret 2011, melalui seseorang bernama Deni Sugandi dengan alamat Jepara yang dikenalnya lewat jejaring facebook.
Pada saat itu, ditawarkan penjualan blackberry dengan harga murah sekitar Rp2,5 juta per buah.
Penawaran lewat facebook itu dilanjutkan dengan saling komunikasi melalui pesan singkat (SMS) dan disepakati untuk memberikan uang muka ditambah ongkos kirim senilai Rp1,45 juta.
Uang itupun dikirim melalui salah sebuah bank pada nomor rekening yang diberikan Denny Sugandi.
“Setelah uang itu dikirim, barang yang diterima bukan blackberry, tetapi hanya sebuah baju batik dan dua buah kaus, membuat saya dirugikan,” katanya.
Kepala Bidang Humas Polda Sulut, AKBP Benny Bela mengatakan, polisi akan menindaklanjuti laporan dari warga yang menjadi korban penipuan tersebut.
“Laporan yang masuk ke SPKT itu, nantinya akan ditindaklanjuti,” kata Bela.
Benny Bela mengimbau, supaya masyarakat tidak cepat tergiur dengan penawaran penjualan melalui internet apalagi diimingi dengan harga yang murah. (ann/jwt)
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • iwan mengatakan:

    aku juga kena tipu sama yang namanya deni sugandi. dengan id facebook denzoil bm. disuruh transfer ke bank mandiri dengan no rekening 131 000 7824 776 kec.jepara.mudah mudahan ketangkep tu orang.biar ga ada yang jadi korbannya lagi

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading