Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Siwi :Total Anggaran Jalur Hijau Boulevard Manado Rp 12 Miliar

Aldi Mawitjere   |   13 September 2012 – 07:27 WITA
mulai ditertibkan

Jalur hijau jalan boulevard dimulai.(ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Pembangunan jalur hijau disepanjang jalan Piere Tendean (Boulevard) dipastikan akan berjalan pada tahun 2012 ini. Untuk tahap pertama Pemkot Manado, melalui instansi teknis yakni Dinas Pekerjaan Umum telah menyediakan anggaratan Rp 12 Miliar.

“Tahun ini tidak ada alasan lagi menunda pelaksanaan pembangunan jalur hijau,”terang Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, melalui Kadis PU Ferry Siwi.Hanya saja, kata Kadis PU, yang berkompeten menyampaikan dan melakukan pembebasan soal rencana pembangunan jalur hijau ke masyarakat yakni Dinas Tata Kota. Pasalnya, Dinas PU hanya pelaksana setelah lahan dibebaskan atau telah ditertibkan.

“Lahan untuk pembangunan jalur hijau telah dibebaskan Pemkot Manado. BPN pun dalam mengeluarkan sertifikat, sudah ada garis kuning, sehingga tidak bisa lagi ada sertifikat,”tandas Siwi.

Perlu diketahui pembangunan jalur hijau tersebut, 3 meter trotoar, 9 meter median jalan seperti taman.

“Untuk itu rumah yang akan dilewati jalur hijau tersebut harus mundur ketika dilakukan pembangunan,”tegas Siwi.

Dan bahwa lahan-lahan untuk pembangunan jalur hijau itu telah dibebaskan Pemkot Manado, karena dalam sertifikasi BPN pun, apabila ada yang mengurus sertifikat, jelas sudah ada garis kuning bertanda tidak bisa lagi ada sertifikat. Perlu diketahui, ada 3 meter untuk trotoar dan lanjutanya 9 meter untuk median yang lain seperti taman. Untuk rumah yang ada di lokasi tersebut harus mundur ketika dilakukannya pembangunan,”tegas Siwi.

Disentil soal anggaran yang akan tersedot pada pembangunan jalur hijau tersebut, Siwi menyatakan, totalnya bisa menyentuh Rp12 miliar.

“Untuk itu dilakukan bertahap dan rencanannya 5 sampai 6 tahap tergantung ketersediaan dana. Tahun 2012 memang telah dianggarkan Rp1 miliar,”jelasnya.

Terkait dengan panjang jalur hijau yang akan dibangun Siwi menjelaskan, panjang pastinya dari arah jembatan Sario sampai perumahan pertamina tapi khusus perumahan pertamina belum karena menyangkut instansi, tapi surat pemberitahuan sudah dilayangkan.

“Setelah itu perumahan pertamina menuju multi mart tapi masih ada beberapa KK yang belum diselesaikan, Sementara ke arah selatan mulai sinar galesong sudah aman,”kuncinya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading