Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

SMP 1 Tumpaan Diduga Lakukan Pungli Penerimaan Siswa Baru

David Masengi   |   14 Juli 2012 – 09:53 WITA

TUMPAAN, (manadotoday.com) – Instruksi Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu, agar Sekolah tidak melakukan pungutan kepada siswa memasuki tahun ajaran baru, nampaknya tidak diindahkan sejumlah Sekolah di Minsel.

Pasalnya, sejumlah sekolah di Minsel diduga tetap saja melakukan pungutan terhadap siswa baru. Seperti halnya di SMP Negeri 1 Tumpaan, yang ditenggarai melakukan pungutan kepada siswa baru pada tahun ajaran 2012/2013.

Tak tanggung-tanggung jumlah pungutan yang dipatok untuk setiap siswa baru Rp 250 ribu, dengan dalih untuk membeli kursi, meja, seragam sekolah, seragam olahraga dan sejumlah kebutuhan lain.

“Pada pendaftaran waktu lalu kami dimintai uang Rp 250 ribu oleh pihak sekolah SMP 1 Tumpaan, katanya untuk pembiayaan Meja, Kursi, seragam sekolah dan lain-lain,” ungkap sejumlah orang tua murid korban pungli, yang mewanti-wanti agar nama mereka dirahasiakan.

Padahal setahu para orang tua murid ini, untuk operasional sekolah seperti kursi, meja sudah dianggarkan pemerintah melalui dana BOS, namun pihak sekolah tetap melakukan pungutan.

”Karena itu kami meminta instansi terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan melakukan pengusutan dan tindaklanjut terhadap masalah ini,” tandas orang tua ini, yang mengaku sebenarnya sangat keberatan atas pungutan yang dilakukan oleh pihak Sekolah.

Sementara itu kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel Drs Jan Rattu ketika dimintai tanggapannya, mengatakan sesuai instriksi Bupati tidak ada pungutan dalam penerimaan siswa baru, apalagi dengan alasan untuk pengadaan meja kursi. Dan jika untuk topi dasi dan seragam olahraga ini harus melalui koperasi sekolah.

“Tidak boleh ada pungutan bagi siswa baru dalam bentuk apapun, sebab itu sudah dianggarkan melalui dana BOS. Jika ada sekolah yang melakukan pungutan, sesuai intsruksi Bupati hal ini harus diusut. Dan kepala sekolahnya akan dikenai sangsi tegas jika terbukti melakukan pungutan,” tandasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading