Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Soal HIV/AIDS Dinkes Minahasa Selatan Terkesan Cuek

David Masengi   |   14 Maret 2012 – 11:57 WITA

Amurang, (manadotoday.com) -Kendati HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit yang diseirusi pencegahannnya di hampir seluruh Kabupaten Kota di Indonesia, namun nampaknya tidak demikian dengan Kabupaten Minahasa Selatan. Pasalnya penanganan masalah HIV/AIDS di Kabupaten Minsel ini tidak diseriusi instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan.
Hal ini didasari karena sejauh ini penanganan masalah HIV/AIDS di Minsel tidak menjadi prioritas bahkan terkesan diabaikan, karena tidak ada program dan penanganan khusus terkait HIV/AIDS di Kabupaten Minsel.
Kepala Dinas Kesehatan Minsel  Jeffry Rogi melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Martje Pontoh, saat ditanyai terkait program Dinkes dalam mengatasi permasalahan HIV/AIDS, mengakui bahwa  program yang berkaitan dengan pencegahan HIV/AIDS sudah pernah diusulkan, tapi tidak disepakati saat pembahasan bersama dewan.
”Belum ada program terkait HIV/AIDS,” ujarnya.
Begitupula dengan data tentang penderita penyakit mematikan ini. Diakuinya Dinkes tidak memiliki data terkait HIV/AIDS.
“Data tentang berapa jumlah penderita, belum ada. Tapi, kami berpatokan data dari provinsi, itu ada sekira 33 kasus,” ujar Pontoh.
Sementara itu sejumlah elemen masyarakat berharap agar pemerintah menseriusi penyakit  mematikan ini.
“Pemerintah jangan hanya sibuk dengan masalah kesejahteraan diri dan masalah pemerintahan saja, perhatikan dan seriusi masalah HIV/AIDS ini.  Jangan hanya melihat apa yang nampak di permukaan saja. Pemerintah juga diharapkan agar secepatnya melakukan langkah pencegahan dan sosialisasi ke masyarakat agar penyakit ini dapat diminimalisir, apalagi penyakit ini sangat berbahaya dan belum ada obatnya, ” tukas Hezky Liando warga Minsel.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading