Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Soal Tapal Batas Mitra – Boltim, Onibala Tegaskan Pemprov Sulut Netral

Tonny Sumakul   |   21 Juli 2012 – 18:46 WITA
Mecky Onibala

Asisten I Pemprov Sulut, Drs. Mecky Onibala

MANADO, (manadotoday.com) – Terkait adanya tudingan menyebut jika pihak Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) memihak pada salah satu daerah terkait penetapan batas wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Bolaang Mongondou Timur (Boltim), dibatah keras Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut, Drs. Mecky Onibala.

Menurutnya, pihak Pemprov bersikap netral dalam penetapan tapal batas wilayah kedua daerah itu, melalui kajian-kajian yang sementara dilakukan.

“Tak benar jika kami disebut berpihak pada salah satu daerah. Kami bersikap netral untuk penetapan batas wilayah itu,” ketus Onibala, selaku ketua penetapan batas wilayah daerah di Pemprov Sulut.

Lanjutnya menyatakan, Pemprov Sulut sendiri, hingga kini masih memberikan kesempatan untuk kedua daerah untuk merundingkan secara kekeluargaan soal penetapan tapal batas wilayah, dengan melibatkan tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat di kedua daerah ini.

“Kami masih memberikan kesempatan bagi daerah untuk berunding tetapkan batas wilayah. Itu gunanya agar dikemudian hari tak terjadi lagi perselisihan antar warga yang tinggal di kawasan tapal batas itu,” ujar Onibala.

Kata dia, sementara hasil peninjauan terkait penetapan batas wilayah Boltim – Mitra yang sudah dilakukan beberapakali, sudah silaporkan ke Gubernur Sulut Dr. S.H. Sarundajang.

“Kami sudah sampaikan laporan ke gubernur, terkait hasil peninajaun lapangan untuk penetapan batas wilayah Boltim dan Mitra,” tandas Onibala.

Ia menambahkan, sekali lagi perlu ditegaskan, jika pihak Pemprov terus bekerja keras untuk penetapan batas wilayah kedua daerah itu, tanpa memihak untuk salah satu daerah.

“Sekali lagi, tak benar jika kami memihak. Kami bersikap netral selama ini. Masing-masing daerah juga kami kunjungi untuk penetapan batas wilayah itu,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Sarundajang saat ditanya soal penetapan batas wilayah Boltim – Mitra, terkesan sangat berhati-hati untuk menetapkan tapal batas kedua daerah itu.

“Saya masih berikan kesempatan untuk masing-masing daerah berunding. Sebab, saya juga masih menerima masukan-masukan terkait penetapan batas wilayah Boltim dan Mitra itu,” ungkapnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading