Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Soal Tapal Batas, Tokoh Masyarakat Mitra Minta Bupati Boltim Legowo

David Masengi   |   4 Juni 2012 – 20:02 WITA

RATATOTOK, (manadotoday.com) –Penetapan tapal batas antara Kabupaten Minahasa Tenggara dan Boltim, yang akan segera diputuskan oleh pemerintah Provinsi Sulut dalam waktu dekat. Sejumlah tokoh masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat (Forkom) Ratatotok yakni Haji Drs Kasim Molonto SH, Jhonny Pitoy, dan Haji Dahlan Ibrahim, meminta agar bupati Boltim Sehan Lanjar berjiwa besar dan legowo menerima batas wilayah yang adalah sungai Buyat.

Karena berdasarkan sejarah jauh sebelum ada pemekaran Kabupaten, Sungai Buyat yang merupakan batas wilayah yang diakui oleh Kabupaten Minahasa dan Bolmong, yang juga diakui Gubernur Sulut DR S H Sarundajang dihadapan Bupati dan Walikota beberapa waktu lalu.

”Seperti halnya yang disampaikan Gubernur, yang diketahuinya (Gubernur, red) sejak dari kecil, bahwas batas wilayah antara Minahasa dan Bolmong adalah sungai Buyat. Dan itu tidak ada protes dari masyarakat,” ujar ketiganya. para tokoh masyarakat Ratatotok ini kemudian memberi apresiasi kepada Gubernur Sulut yang paham betul dengan permasalahan ini.

“Kami mendukung penuh pernyataan Bapak Gubernur soal batas wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara dan Boltim adalah Sungai Buyat. Dan meyakini keputusan yang nantinya akan diambil akan mengedepankan fakta sejarah dan tidak memihak salah satu daerah,” ujar ketiga tokoh paling berpengaruh di Ratatotok ini.

Selain fakta sejarah, bukti-bukti fisik di lapangan kalau batas sebenarnya berada di sungai buyat sangat kuat. Sertifikat, surat-surat tanah, akte jual beli, pajak bumi dan bangunan, status penduduk disekitarnya sangat jelas KTP-nya yang dikenal dengan jaga V desa Ratatotok Timur dan semuanya tercatat di kabupaten Minahasa Tenggara.

”Bukti-bukti fisik ada dan sangat kuat. Dan bukti-bukti ini akan segera diserahkan kepada tim penyelesaian batas wilayah Pemprov Sulut,” tukas ketiganya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading