Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, DPRD Sulut

Solang : Pemerintah Harus Siapkan Bibit Unggul

Redaksi Manado Today   |   24 Maret 2011 – 20:55 WITA
Ketua KTNA Sulut Lexie Solang

Ketua KTNA Sulut Lexie Solang

Manado Today – Keberhasilan swasembada beras yang ditargetkan pemerintah provinsi Sulut pada 2012 mendatang, ditanggapi serius Lexie Solang ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sulut.

Menurut Solang, jika benar-benar menginginkan realisasi Swasembada Beras, maka yang paling penting disiapkan adalah tersedianya bibit padi Unggul yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. “Saat ini harus dipikirkan bibit yang unggul dan dapat ditanam pada kondisi cuaca yang ektrim seperti saat ini. Artinya bibit padi dapat bertahan pada cuaca hujan maupun panas,” kata Solang.

Selanjutnya Solang mengatakan saat ini petani sangat membutuhkan ketersediaan bibit padi unggul yang selain tahan hama, juga tahan terhadap air yang saat ini kondisinya melimpah. “Jika telah tersedia benih padi unggul yang demikian dikalangan petani, tentu petani kita tidak lagi tergantung pada cuaca saat melakukan penanaman, sehingga hasil panan sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Mengenai tersedianya sarana pendukung pertanian seperti saluran irigasi, anggota Komisi I DPRD Sulut ini mengatakan, sebagian besar kendala petani sawah sehingga mengalihkan fungsi sawah ke lahan pertanian lain, adalah pasokan air yang semakin hari semakin berkurang, akibat rusaknya saluran irigasi ke areal persawahan. “Jadi menurut saya, selain ketersediaan bibit unggul, sarana irigasi juga penting dibenahi sehingga petani bergairah kembali mengerjakan sawah untuk ditanami padi, sehingga kedepan kita dapat menikmati swasembada beras,” tegas legislator Sulut dapil Minsel – Mitra yang mulai giat bertani ini. (jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading