Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Solang : Pemkab Harus Tanggap Darurat

Staff Manado Today   |   3 Juli 2011 – 21:55 WITA
Gunung Soputan Meletus, Muntahkan Debu Vulkanik

Gunung Soputan Meletus, Muntahkan Debu Vulkanik

Manado Today – Pemerintah harus lakukan evakuasi kepada warga yang kini berada di kaki gunung soputan. Pasalnya awan panas dan asap yang membawa debu vulkanik bisa membahayakan warga masyarakat.

“Langkah tanggap darurat segera dilakukan pemerintah daerah jika memang kondisi gunung tersebut membayakan. Hindari dampak buruk bagi warga,” ujar Personil DPRD Sulut daerah pemilihan Minsel-Mitra Lexi Solang.

Pasalnya, ada beberapa desa di Kecamatan Tombatu dan Touluaan Kabupaten Mitra serta Kecamatan Amurang Timur Minsel sangat dekat dengan tempat dimana terjadi letusan tersebut.

“Hawa panas dan debu membawa dampak buruk bagi warga,” tukasnya.

Pun demikian, gunung teraktif di Sulut tersebut memang hampir setiap tahun melakukan aktifitas bahkan debu bisa menjangkau Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolmong hingga Kota Manado.

“ Jarak jangkau debu tersebut harus diantisipasi sejak dini oleh dinas kesehatan dengan membagikan masker kepada masyarakat,”tandas Solang.

Sementara itu, Informasi diterima dari pusat pemantauan gunung Soputan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, bahwa diperoleh data letusan dasyat gunung Soputan tinggi letusan mencapai 5.000 meter.

Soputan punya ketinggian 1.784 meter (5.853 kaki), dengan pusat letusan terletak di tengah kawah utama gunung api itu.

“Erupsi Soputan menggugurkan ribuan meter kubik material cair dan abu vulkanik,” kata Kepala BPBD Sulut Hoyke Makarawung.(ann/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading