Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Sondakh : Budaya Leluhur Tulude Harus Terus Dijaga dan Dipelihara

Aldy Monareh   |   31 Januari 2012 – 23:51 WITA
Wali kota bitung

Walikota Bitung Hanny Sondakh

Bitung, (manadotoday.com) – Pagelaran adat Tulude, yang meripakan warisan budaya para leluhur yang bermakna Ucapan Syukur atas penyertaan Tuhan di tahun yang telah lewat dan memohon penyertaan dan berkat Tuhan di tahun yang baru, sudah selayaknya dipelihara dan terus dipertahankan.
Demikian menurut Walikota Bitung Hanny Sondakh saat menghadiri Pagelaran adat Tulude di Kelaurahan Batu Putih Kecamatan Ranowulu, Selasa (31/1/2012).
”Budaya leluhur seperti halnya Tulude, harus terus dipertahankan, karena budaya merupakan jati diri bangsa,” tandas Sondakh.
Lebih lanjut dikatakan, acar ini juga merupakan momentum untuk memanjatkan doa kepada Tuhan agar Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung akan selalu dituntun oleh Tuhan mengarungi tahun 2012 yang merupakan tahun anugerah dan berkat.
”Saya juga mengharapkan agar upacara Tulude akan dijadikan wahana kebersamaan dan persaudaraan satu kesatuan yang utuh dalam membangun Kota Bitung, ” ujar Sondakh sembari menghimbau warga Kota Bitung tetap menjaga dan memelihara kerukunan hidup dan terus meningkatkan rasa persaudaraan.
Sekedar informasi Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung serentak melaksanakan pagelaran adat Tulude di delapan Kecamatan pada Selasa (31/1). Walikota Bitung Hanny Sondakh membaur dengan masyarakat kecamatan Ranowulu di Kelurahan Batu Putih, Wakil Walikota MJ Lomban di Pintu Kota Lembeh Utara dan Maesa sementara Sekdakot Edison Humiang di Kelurahan Papusungan Lembeh Selatan, dan Aertembaga. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading