Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Sondakh Presentasi Perikanan dan Kelautan di Depan BPK RI dan JAN Malaysia

Aldy Monareh   |   4 Oktober 2011 – 17:49 WITA
JAN Malaysia

Walikota Bitung Hanny Sondakh saat foto bersama BPK-RI dan JAN Malaysia pada pertemuan di Ballroom Lotus Hotel Sintesa Peninsula Senin (03/10) kemarin

Bitung Today – Sebagai tindak lanjut dari pertemuan teknis masalah audit lingkungan antara BPK RI dan Jabatan Audit Negara (JAN) Malaysia pada Senin kemarin yang digelar di Ballroom Lotus Hotel Sintesa Peninsula. Walikota Bitung Hanny Sondakh, Selasa (4/10/2011) mempresentasikan potensi kelautan dan sumber daya perikanan serta berbagai permasalahannya dihadapan BPK RI dan JAN Malaysia.

Sondakh yang didampingi Sekretaris Kota Daerah (Sekdakot) Drs Edison Humiang, MSi dan Kadis Kelautan dan Perikanan Ir Hengkie Wowor yang tampil membawakan materi dengan judul manajemen sumber daya perikanan dan kelautan, mengungkapkan Pemkot Bitung akan terus berupaya menjaga kelestarian laut dari pencemaran lingkungan. Dimana setiap perusahaan industri harus memenuhi kajian lingkungan terutama ijin pembuangan limbah ke laut.

“Ini telah menjadi komitmen Pemkot Bitung. Dan untuk menjaga kelestarian laut pesisir pantai, Pemkot Bitung akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Sulut agar setiap tahunnya memprogramkan penanaman bibit pohon bakau yang di tanam di beberapa tempat yang merupakan hutan mangrove,” paparnya.

Di hal lain kata Sondakh, dalam kaitanya dengan sumber daya kelautan dan Perikanan di Kota Bitung, salah satu kendala yang dihadapi para pelaku usaha industri perikanan Bitung adalah besarnya biaya eksport karena akan melewati pelabuhan transit Surabaya dan Jakarta.

“Permasalahan yang sedang dihadapi oleh para pelaku usaha adalah biaya ekspor yang sangat besar, cost-nya bisa saja berkurang apabila di ekspor langsung ke Negara tujuan tanpa melewati Pelabuhan Surabaya dan Jakarta.” pungkasnya.

Sementara itu Saiful Anwar Nasution sebagai Tortam Auditor IV dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini sebagai tindak lanjut dari petemuan teknis kemarin yang berkaitan dengan dipilihnya Kota Bitung sebagai lokasi audit lingkungan sektor perikanan dan kelautan yang berhubungan dengan masalah penangkapan ikan.

Hadir juga pada kegiatan ini BPK RI Saiful Anwar Nasution Tortama Auditor IV, Abdul Latief Tortama Auditor VI, Rochmadi Saptogiri Kepala BPK RI Perwakilan Sulut dan dari pihak Jan Malaysia Wakil Ketuanya Dato’ Mustafa bin Saman serta para auditornya, serta seluruh pejabat eselon 2 dan 3. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading