Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Soputan Meletus, Petani di Kawangkoan dan Langowan Merugi

Staff Manado Today   |   19 September 2012 – 17:26 WITA

TONDANO, (manadotoday.com) – Debu vulkanik yang disemburkan Gunung Soputan, Selasa (18/9) hingga Rabu (19/9) hari ini, membawa dampak buruk bagi Petani di dua wilayah yakni Tompaso Raya dan Langowan.

Pasalnya, ribuan hektar berbagai macam tanaman terancam gagal panen akibat diselimuti debu vulkanik.

Sejumlah petani pun dibuat terpaksa mengelus dada akibat fenomena alam ini. Dimana sejumlah tanaman yang sudah mendekati masa panen, amblas seketika.

“Ya apa boleh dikata, ini adalah kejadian yang tidak bisa dihindari karena kehendak sang pencipta. Sebagai petani kami hanya bisa berdoa dan tabah,”ucap Jimmy P, petani Langowan dan Hendrik K Petani asal Tompaso.

Keduanya berharap dengan adanya kejadian ini ada perhatian dari Pemkab Minahasa untuk mengatasi gagalnya panen ini dengan memberikan ganti rugi agar mereka bisa menanam kembali, walau nilainya tak terlalu besar.

“Semoga ada perhatian pemerintah untuk kami petani yang mengalami kerugian, agar nantinya bisa bercocok tanam lagi mengganti tanaman yang sudah hampir panen, “harap keduanya. (rom)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading