Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Sosialisasi Kesehatan Keluarga Harus Terus Digenjot

Redaksi Manado Today   |   26 Februari 2011 – 22:53 WITA

Manado Today – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Djauhari Kansil meminta jajaran BKKBN untuk terus memperkuat sosialisasi kesehatan keluarga, seiring dengan banyaknya angka kematian ibu dan anak akibat kurang paham pencegahan.

“Kesehatan ibu dan anak sangat penting, dan peran BKKBN untuk melakukan sosialisasi harus dilakukan terus menerus di tengah masyarakat,” kata Kansil, saat mengikuti serah terima jabatan Kepala BKKBN Provinsi Sulut, di Manado, Sabtu, (26/2).

Untuk mengantisipasi hal-hal terkait kesehatan masyarakat, Kansil mengajak kepada kepala BKKBN yang baru agar berani melakukan terobosan dan pembaharuan bagi keluarga berencana di Sulut.

Tantangan yang harus dijawab kepala BKKBN Sulut yang baru adalah menyangkut masalah kesehatan ibu dan bayi, karena dari data secara nasional, angka kematian ibu dan bayi masih cukup tinggi.

Kemudian turut membantu instansi terkait seperti Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) terkait penyebaran HIV/Aids sudah sangat cepat berada di Sulut.

Karena data penderita HIV/Aids di Sulut selang awal tahun 2011 ini sudah mencapai 817 kasus, sementara yang belum terdata secara resmi mungkin lebih banyak juga.

“Saya mengajak Kepala BKKB Sulut Elisabeth Kuji untuk dapat secara bersama-sama memikirkan serta berani melakukan perubahan, pembaharuan sekaligus menciptakan terobosan yang mampu mendapatkan solusi berbagai permasalahan di bidang kependudukan dan keluarga berencana,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut itu menjelaskan, jumlah penduduk di Sulut saat ini 2.265.937 jiwa, dengan laju pertumbuhan sebesar 1.4 persen.

Dengan demikian diperkirakan sekitar 25 atau 50 tahun kedepan, jumlah penduduk Sulut akan mencapai 5-6 juta jiwa, tentunya berbagai permasalahan krusial akan dihadapi, seperti peluang pekerjaan makin sempit, dan akan terkikisnya tatanan kehidupan sosial masyarakat yang berdampak pada sektor kehidupan lainnya.

Pada serah terima jabatan Kepala BKKBN Sulut itu, pejabat baru telah ditempat Elisabeth Kuji, sebelumnya menjabat Kasubdit Perumusan Pola Direktorat KHIBA BKKBN RI. Sedangkan mantan kepala BKKBN Sulut, Meike Selfia Sangian bertugas sebagai pejabat eselon II di BKKBN Pusat. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading