Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Sosialisasi Pilhut Pemekaran Lambat, Kinerja BPMPD Disorot

Redaksi Manado Today   |   1 Maret 2011 – 13:00 WITA

Ratahan Today-Kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mendapat sorotan tajam. Instansi ini dinilai terlalu lambat melakukan sosialisasi keharusan menggelar agenda Pemilihan Hukum Tua (Pilhut), khususnya bagi desa-desa hasil pemekaran yang dilakukan pada 2010 silam.
Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan dan Perekonomian pada DPRD Kabupaten Mitra, Drs Tavif  Watuseke menjelaskan, agenda Pilhut khususnya di desa pemekaran merupakan sebuah hal yang penting demi lancarnya pelayanan pemerintahan kepada masyarakat.
“Kami bukannya mengatakan bahwa pemerintahan yang di-pimpin oleh pejabat hukumtua tidak maksimal, tetapi alangkah baiknya kalau segera digelar Pilhut supaya pelayanan itu menjadi semakin maksimal dan optimal,” katanya.
Sayang, menurut Tavif, hingga akan setahun usia desa tersebut sejak dimekarkan, ternyata agenda Pilhut masih belum jelas.
“Belum ada satupun desa pemekaran yang menggelar Pilhut. Padahal harusnya tahapan Pilhut sudah harus dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan penjabat hukumtua berakhir. Dan untuk masa jabatan penjabat itu sendiri hanya setahun,” paparnya.
Yang menarik, papar Tavif, sebagaimana hasil tinjauan lapangan yang dilakukan Komisi A pekan lalu, diketahui bahwa rata-rata desa pemekaran sudah siap menggelar Pilhut, tetapi belum ada petunjuk lanjut dari BPMPD.
“Karena itu kami menyimpulkan bahwa sebenarnya BPMPD yang lambat. Karena itu kami medesak supaya ins-tansi ini segera bergerak dan jangan terlambat,” pungkasnya. Kepala BPMPD Mitra, Drs Desten Katiandagho SH belum bisa dikonfirmasi.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading