Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Stok Daging Sapi Sulut Siap Dipasarkan ke Daerah Lain

Staff Manado Today   |   23 Juli 2011 – 12:15 WITA

Manado Today – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) siap memasok daging sapi untuk memenuhi kebutuhan daerah lain selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, karena stok daging sapi di daerah ini tersedia cukup banyak.

“Stok daging sapi yang ada sekarang berkisar 800 ton atau sekitar 5000 hingga 6000 ekor sapi, jumlah tersebut di atas kebutuhan masyarakat Sulut, karena itu Sulut siap memasok kebutuhan daerah lain,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut), Sanny Parengkuan di Manado.

Sanny mengatakan, stok daging sapi yang tersedia tersebut masih akan bertambah, karena persediaan cukup melimpah, maka kelebihannya bisa dipasok memenuhi kebutuhan daerah lain.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet mengatakan, Sulut selama ini menjadi pemasok daging sapi ke Kalimantan, rata-rata 50 ekor sapi setiap bulan.

“Memang bulan terakhir ini antar pulau daging sapi sempat terhenti, tetapi sebelumnya Sulut menjadi pemasok potensial di kawasan Kalimantan,” kata Janny.

Menjelang hari besar agama, bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, kata Janny, biasanya terjadi peningkatan stok, dan karena itu pelaku usaha memanfaatkan momentum ini dengan memasok hingga ke luar daerah.

“Ketahanan stok daging sapi Sulut cukup berlebih tersebut, terlihat pada harga jual di pasaran yang tetap normal, yakni pada kisaran Rp70 ribu per kilogram (Kg),” kata Janny.

Harga patokan pasar tradisional tersebut, kata Janny sudah bertahan beberapa bulan terakhir ini, dan bila stok tetap tinggi seperti sekarang, maka kemungkinan harga daging sapi akan tetap stabil. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading