Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Studing LN DPRD Sulut Belum Pasti

Redaksi Manado Today   |   22 Maret 2011 – 17:33 WITA

Manado Today – Sejumlah anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut) belum memastikan kegiatan studi banding (Studing) keluar negeri pada 2011, karena belum ada penetapan jadwal.
“Memang awalnya ada rencana ke beberapa negara, hanya saja belum jelas kapan pelaksanaan atau masih sangat kabur,” kata Wakil Ketua DPRD Sulut Joudy Watung, di Manado, Selasa.
Menurutnya, jadi atau tidak jadinya kegiatan itu dianggap tidak ada masalah, karena memang banyak agenda yang harus dihadapi lembaga wakil rakyat itu.
Padahal kegiatan studing ke negara di Eropa seperti Belanda dan Jerman, sudah ditata pada APBD tahun 2011, untuk mempelajari berbagai hal guna diterapkan di Sulut.
Dana studi banding itu telah ditetapkan per anggota wakil rakyat sekitar Rp30 juta, untuk membiayai semua perjalanan dan akomodasi yang ada.
Anggota Fraksi Partai Golkar Sherpa Manembu mengatakan, biaya Rp30 juta sebenarnya sangat kecil, namun sudah ditetapkan demikian sehingga harus diakomodir juga.
“Kalau biaya studi banding keluar negeri pada tahun-tahun sebelumnya sekitar Rp45 juta, tetapi sekarang tinggal Rp30 juta dan sangat kecil,” ujarnya.
Kabar yang didapat dari lembaga itu, anggota DPRD Sulut akan bertolak ke Belanda dan Jerman atas undangan KBRI di dua negara tersebut. Umumnya mereka akan mempelajari tentang sistem perdagangan dan bisnis di negara-negara maju.
Pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS) Taufik Tumbelaka menilai program studi banding keluar negeri untuk semua anggota DPRD dinilai pemborosan dan merugikan keuangan daerah.
“Masih banyak kepentingan rakyat Sulut harus diperhatikan lembaga itu, sehingga layak lakukan studi di daerah itu saja untuk menyerap aspirasi masyarakat ketimbang keluar negeri,” katanya.
GPRS menilai kegiatan itu dipastikan akan mendapat resistensi dari masyarakat Sulut, dan menilai tidak peka pada nasib rakyat yang ada. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading